Abaikan Peringatan Rusia, AS Umumkan Pengiriman Sistem Rudal Patriot ke Ukraina

Kamis, 22 Desember 2022 - 00:56 WIB
loading...
Abaikan Peringatan Rusia, AS Umumkan Pengiriman Sistem Rudal Patriot ke Ukraina
Abaikan peringatan Rusia, AS umumkan pengiriman sistem rudal Patriot ke Ukraina. Foto/CNN
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken , mengumumkan Washington akan mengirimkan sistem rudal Patriot ke Ukraina . Sistem pertahanan udara canggih itu masuk dalam tambahan bantuan keamanan AS sebesar USD1,85 miliar atau sekitar Rp28,7 triliun untuk Ukraina.

“Berdasarkan pendelegasian wewenang dari Presiden, hari ini saya mengesahkan penarikan kedua puluh delapan senjata dan peralatan AS kami untuk Ukraina sejak Agustus 2021. Penarikan USD1 miliar ini akan memberi Ukraina kemampuan pertahanan udara dan serangan presisi yang diperluas, juga sebagai amunisi tambahan dan peralatan penting yang digunakan Ukraina dengan sangat efektif untuk mempertahankan diri di medan perang,” kata Blinken dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari CNN, Kamis (22/12/2022).

Diplomat tertinggi AS itu mengatakan bahwa dukungan baru ini datang ketika Kremlin telah mencoba dan gagal untuk menghapus Ukraina dari peta dan sekarang berusaha untuk "mempersenjatai musim dingin" dengan menyerang infrastruktur.

“Bantuan hari ini untuk pertama kalinya mencakup Sistem Pertahanan Udara Patriot, yang mampu menjatuhkan rudal jelajah, rudal balistik jarak pendek, dan pesawat pada ketinggian yang jauh lebih tinggi daripada sistem pertahanan udara yang disediakan sebelumnya,” kata Blinken.



Blinken menegaskan kembali bahwa AS akan terus mendukung Ukraina selama diperlukan, sehingga Kiev dapat terus mempertahankan diri dan berada di posisi terkuat di meja perundingan ketika waktunya tiba.

Blinken menambahkan bahwa Pentagon juga akan mengumumkan bantuan keamanan baru senilai USD850 juta (Rp13,2 triliun) untuk Ukraina hari ini.

Pernyataan Blinken mengikuti pernyataan serupa dari Gedung Putih, semuanya datang pada hari yang sama dengan kunjungan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ke Washington.

Sistem rudal Patriot adalah sistem pertahanan udara jarak jauh canggih yang sangat efektif dalam mencegat rudal balistik dan jelajah.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1928 seconds (0.1#10.140)