AS Terbangkan Pembom dan Jet Siluman Usai Adik Kim Jong-un Tebar Ancaman

Selasa, 20 Desember 2022 - 18:45 WIB
loading...
AS Terbangkan Pembom dan Jet Siluman Usai Adik Kim Jong-un Tebar Ancaman
AS terbangkan pesawat pembom berkemampuan nuklir B-52 dan jet tempur siluman F-22 usai adik Kim Jong-un menebar ancaman. Foto/AP
A A A
SEOUL - Amerika Serikat (AS) menerbangkan pembom berkemampuan nuklir dan jet siluman canggih dalam unjuk kekuatan terbaru terhadap Korea Utara (Korut), Selasa (20/12/2022).

Ini dilakukan beberapa jam setelah adik Pemimpin Korut Kim Jong-un , Kim Yo-jong , mengancam akan melakukan uji coba rudal balistik antarbenua.

"Pengerahan pembom B-52 AS dan jet tempur siluman F-22 untuk latihan bersama dengan pesawat tempur Korea Selatan adalah bagian dari kesepakatan untuk melindungi Korea Selatan dengan semua cara yang tersedia, termasuk nuklir," kata Kementerian Pertahanan Korea Selatan (Korsel) seperti dikutip dari AP.

Kementerian Pertahanan Korsel mengatakan latihan tersebut, yang juga mencakup jet tempur F-35 dan F-15 Korsel, berlangsung di perairan barat daya pulau Jeju.

"Jet F-22 AS dikerahkan di Korea Selatan untuk pertama kalinya dalam empat tahun dan akan tinggal sepanjang minggu ini untuk pelatihan dengan pasukan Korea Selatan," katanya.

Latihan diadakan setelah Korut mengklaim telah meluncurkan satelit mata-mata militer pertamanya. Sebelumnya, negara tertutup itu telah menguji mesin berbahan bakar padar untuk digunakan pada rudal balistik antarbenua yang lebih mobile dalam beberapa hari terakhir.



Sebelumnya, Kim Yo-jong, mengejek penilaian dari luar yang meragukan pengembangan satelit mata-mata dan rudal jarak jauh Korut.

Korut mengatakan roket yang diluncurkannya pada Minggu kemarin adalah uji coba sistem untuk satelit pengintaian militer pertamanya dan merilis dua foto beresolusi rendah dari kota-kota di Korsel yang dilihat dari luar angkasa.

Beberapa ahli sipil di Korsel dan di tempat lain mengatakan foto-foto itu terlalu kasar untuk tujuan pengawasan dan peluncuran itu kemungkinan untuk menutupi teknologi rudal Korut. Militer Korsel mempertahankan lapora bahwa Korut menembakkan dua rudal balistik jarak menengah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1623 seconds (0.1#10.140)