Perbandingan Kekuatan Militer Argentina dan Prancis, Berat Sebelah

Senin, 19 Desember 2022 - 15:41 WIB
loading...
Perbandingan Kekuatan Militer Argentina dan Prancis, Berat Sebelah
Para tentara memberikan penghormatan kepada prajurit Argentina yang tewas dalam Perang Falklands 1982 antara Inggris dan Argentina pada peringatan 33 tahun perang di gugusan pulau di Rosario, Argentina, 2 April 2015. Foto/REUTERS
A A A
PARIS - Argentina dan Prancis merupakan dua negara yang cukup menarik untuk diketahui perbandingan kekuatan militernya.

Mengingat kedua negara ini telah berjumpa pada laga final Piala Dunia 2022. Meskipun Argentina menang dalam laga tersebut, namun bagaimana bila dikaitkan dengan kekuatan pertahanan negara masing-masing?

Perbandingan kekuatan militer antara Argentina dan Prancis ini dibuat berdasar hasil survei dari Global Firepower tahun 2022. Berikut perbandingan antar kedua negara.

Berdasarkan ranking, Prancis yang notabene merupakan salah satu negara maju, lebih unggul dengan berada di posisi ke-7 dunia sementara Argentina bercokol di urutan ke-40 dari 142 negara.



Dari populasinya sendiri, Prancis memiliki jumlah penduduk yang lebih banyak yaitu sekitar 68 juta jiwa ketimbang Argentina yang hanya sekitar 46 juta jiwa.

Itu artinya, Prancis memiliki pasukan perang yang jauh lebih banyak. Tercatat Prancis memiliki total pasukan 29.957.055 personil sedangkan untuk Argentina hanya 20.180.574 personil.

Sebagai negara maju Prancis juga unggul dari sisi finansial. Mereka mampu menggelontorkan dana sekitar USD40 miliar untuk kekuatan militer. Sedangkan Negeri Tango hanya bermodalkan USD3 miliar.

Bila dilihat dari kekuatan udaranya, Prancis kembali unggul dengan total 266 pesawat tempur, sementara Argentina memiliki 23 unit saja.

Prancis juga memiliki 69 helikopter khusus serangan, Argentina bahkan tidak memiliki satupun helikopter khusus serangan di negerinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1113 seconds (0.1#10.140)