Perjanjian Raja Abdulaziz dan Roosevelt, Cikal Bakal Arab Saudi Jadi Sekutu AS

Kamis, 15 Desember 2022 - 15:34 WIB
loading...
A A A
Kunjungan itu merupakan perubahan strategis yang membuat AS menaruh minat di Timur Tengah sekali lagi setelah ditinggalkan Washington dan melihat ke Timur Jauh. Ini adalah salah satu dampak geostrategis dari perang Rusia-Ukraina dan ancaman terhadap keamanan dan energi di Eropa.

"Kami tidak akan pergi begitu saja dan meninggalkan kekosongan untuk diisi oleh China, Rusia atau Iran," jelas Biden dalam kunjungannya ke Jeddah beberapa bulan lalu.

Nasib Timur Tengah dan rakyatnya seolah-olah hanya ditentukan oleh persaingan antar kekuatan besar.

Mohammed bin Salman terlihat bersikap dingin selama kunjungan Biden, membuat presiden AS itu kecewa.

Biden terkejut dengan Arab Saudi yang setuju dengan Rusia di dalam OPEC+ tentang pemangkasan yang signifikan dalam kuota produksi minyak daripada meningkatkannya untuk mengendalikan harga.

Momen itu bertepatan dengan datangnya pemilu paruh waktu Kongres AS. Itu adalah pukulan pribadi yang ditujukan kepada Biden oleh pemimpin muda Arab Saudi.

Tantangan lain bagi Biden adalah kunjungan Presiden China Xi Jinping ke Riyadh atas undangan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman, yang juga ditunjuk sebagai Perdana Menteri menggantikan ayahnya.

Penerimaan presiden China jauh lebih mewah daripada yang diberikan kepada Biden. Jabat tangan antara Mohammed bin Salman dan Xi Jinping berlangsung setidaknya sepuluh detik, seperti yang ditunjukkan oleh para komentator. Sedangkan Biden harus puas hanya dengan "tos tinju" kilat.

Perjanjian kemitraan strategis yang ditandatangani oleh Arab Saudi dan China membuat marah AS.

Gedung Putih mengatakan bahwa kunjungan Xi Jinping ke Riyadh adalah bagian dari upaya China untuk memperluas pengaruhnya ke seluruh dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0977 seconds (0.1#10.140)