Terungkap, Bomber Siluman Nuklir Amerika Mendarat Darurat lalu Terbakar

Senin, 12 Desember 2022 - 18:00 WIB
loading...
Terungkap, Bomber Siluman Nuklir Amerika Mendarat Darurat lalu Terbakar
Sebuah pesawat pengebom siluman berkemampuan nuklir AS mendarat darurat lalu terbakar di Pangkalan Whiteman, Sabtu pekan lalu. Foto/KMBC
A A A
WHITEMAN - Sebuah pesawat pengebom (bomber) siluman berkemampuan nuklir B-2 Spirit Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) mendarat darurat dan kemudian terbakar.

Insiden ini terjadi di Pangkalan Angkatan Udara (AFB) Whiteman di Missouri pada Sabtu (10/12/2022) pekan lalu, namun baru dikonfirmasi USAF sehari kemudian.

Pangkalan Whiteman berfungsi sebagai pangkalan utama armada yang hanya terdiri dari 20 unit B-2 Spirit yang saat ini beroperasi.

Kebakaran terjadi sesaat setelah pendaratan darurat. Namun, kerusakan yang dialami pesawat tersebut masih belum jelas. Penyebab kecelakaan belum diketahui.



Seorang juru bicara Pangkalan Whiteman mengonfirmasi bahwa pemadam kebakaran memadamkan kobaran api pada bomber siluman tersebut.

"B-2 Spirit Angkatan Udara AS mengalami kerusakan dalam penerbangan selama operasi rutin hari ini dan rusak di landasan pacu di Pangkalan Angkatan Udara Whiteman setelah menyelesaikan pendaratan darurat," kata Kantor Urusan Publik Sayap Bom ke-509, seperti dikutip EurAsian Times, Senin (12/12/2022).

Pangkalan Whiteman Airbase belum lama ini merilis video yang menampilkan kesiapan armada bomber B-2 Spririt.

Beberapa minggu yang lalu, USAF juga menerbitkan foto formasi "jalan gajah" yang belum pernah terjadi sebelumnya dari delapan B-2 Spririt yang meluncur di landasan pacu.

Insiden terbaru ini mirip dengan pendaratan darurat B-2 yang terjadi di pangkalan yang sama pada September 2021. B-2 yang terlibat dalam insiden itu sayap kirinya jatuh ke tanah setelah tergelincir dari landasan saat melakukan pendaratan darurat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1659 seconds (0.1#10.140)