Israel Batasi Izin bagi Warga Kristen Gaza Kunjungi Bethlehem

Minggu, 11 Desember 2022 - 15:13 WIB
loading...
Israel Batasi Izin bagi Warga Kristen Gaza Kunjungi Bethlehem
Israel Batasi Izin bagi Warga Kristen Gaza Kunjungi Bethlehem. FOTO/Reuters
A A A
GAZA - Warga Kristen di Jalur Gaza berharap untuk merayakan Natal setiap tahun dan bersatu kembali dengan keluarga mereka. Tetapi, pembatasan gerak Israel mencegah ribuan orang mengambil bagian dalam kesempatan itu.

Israel telah dituduh membatasi secara ketat izin untuk berdoa di Gereja Kelahiran Yesus di Bethlehem hanya untuk sejumlah kecil jamaah.



Otoritas Urusan Sipil Palestina – badan yang bertanggung jawab untuk berkomunikasi dengan pejabat Israel di persimpangan Erez – mengatakan bahwa Israel menolak lebih dari 260 aplikasi.

Sumber anonim mengatakan kepada Arab News bahwa otoritas menerima persetujuan hanya untuk sekitar 640 orang dari lebih dari 900 aplikasi yang diajukan.

Seorang pejabat senior keamanan Israel mengatakan kepada wartawan dalam konferensi telepon, bahwa sekitar 200 orang ditolak aksesnya ke Israel setelah izin keamanan ditolak. Sekitar 1.100 orang Kristen tinggal di Jalur Gaza, menurut statistik yang dikeluarkan oleh Gereja Biara Latin di Gaza.

Jumlah orang Kristen di Gaza telah menurun dalam beberapa tahun terakhir akibat migrasi, karena situasi ekonomi yang mengerikan, pengepungan dan serangan Israel berturut-turut. Banyak yang pindah ke Tepi Barat atau beremigrasi ke luar negeri.



“Kami merasa sangat menyesal bahwa tidak semua orang Kristen diberikan izin yang diperlukan,” kata Kamel Ayad, direktur hubungan masyarakat di Gereja Ortodoks Yunani di Gaza, kepada Arab News.

“Adalah hak kami sebagai umat Kristiani untuk menyaksikan perayaan Natal di tempat kelahiran Kristus di Bethlehem karena itu tersedia bagi semua umat Kristiani di dunia untuk bepergian,” lanjut Ayad.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)