Kepala HAM PBB Akan Tindaklanjuti Masalah Xinjiang dengan China

Sabtu, 10 Desember 2022 - 21:45 WIB
loading...
Kepala HAM PBB Akan Tindaklanjuti Masalah Xinjiang dengan China
Kepala HAM PBB Akan Tindaklanjuti Masalah Xinjiang dengan China. FOTO/Reuters
A A A
BEIJING - Kepala hak asasi manusia PBB , Volker Turk mengatakan pada Jumat (9/12/2022), bahwa dia ingin terlibat dengan Beijing atas temuan laporan yang dikeluarkan oleh pendahulunya yang mengatakan bahwa perlakuan China terhadap Uyghur dan Muslim lainnya di wilayah Xinjiang mungkin merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Seperti dilaporkan Reuters, Beijing menekan pendahulu Turk, Michelle Bachelet, untuk tidak mempublikasikan laporan tersebut. Bachelet merilis laporan itu di menit-menit terakhir masa jabatannya.



"Laporan yang dikeluarkan pada 31 Agustus adalah laporan yang sangat penting dan menyoroti masalah hak asasi manusia yang sangat serius," kata Turk dalam jumpa pers di Jenewa dalam komentar publik pertamanya tentang masalah tersebut sejak menjabat.

"Saya pribadi akan terus berhubungan dengan otoritas (China). Saya sangat bertekad untuk melakukannya. Harapan muncul abadi," lanjutnya.

China, yang menyangkal tuduhan Xinjiang, sebelumnya mengindikasikan akan menutup pintu kerja sama dengan kantor hak asasi manusia PBB setelah rilis laporan tersebut.



Upaya yang dipimpin Barat untuk meluncurkan debat tentang laporan Xinjiang di Dewan Hak Asasi Manusia gagal pada bulan Oktober di tengah lobi keras dari China.

Komisaris Tinggi memainkan peran penting dalam menentang kemunduran kebebasan pada saat otokrasi mendapatkan pengaruh di seluruh dunia dengan mengorbankan demokrasi.

Turk adalah mantan wakil sekretaris jenderal untuk kebijakan di bawah Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres. Beberapa kritikus awal pengangkatannya berasumsi bahwa Turk akan mengadopsi taktik tenang dari mantan bosnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2185 seconds (0.1#10.140)