Lengkapi Kabinet, Anwar Ibrahim Lantik 27 Wakil Menteri

Sabtu, 10 Desember 2022 - 20:10 WIB
loading...
Lengkapi Kabinet, Anwar Ibrahim Lantik 27 Wakil Menteri
Lengkapi Kabinet, Anwar Ibrahim Lantik 27 Wakil Menteri. FOTO/CNA
A A A
KUALA LUMPUR - Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim pada Jumat (9/12/2022) malam meluncurkan susunan wakil menteri . Formasi ini melengkapi Kabinet di bawah pemerintahannya.

Anwar, yang merangkap sebagai menteri keuangan, akan bekerja dengan Ahmad Maslan dari Barisan Nasional (BN) dan Steven Sim dari Pakatan Harapan (PH) untuk memimpin kementerian tersebut.



Menteri Pembangunan Pedesaan dan Daerah Ahmad Zahid Hamidi akan bekerja bersama Rubiah Wang. Menteri Perkebunan dan Komoditi Fadillah Yusof akan bekerja sama dengan Ibu Siti Aminah Aching. Ahmad Zahid dan Pak Fadillah juga sebelumnya diumumkan sebagai wakil Pak Anwar.

Sementara Liew Chin Tong akan menjabat sebagai wakil menteri perdagangan sementara Dr Shamsul Anuar Nasarah akan menjabat sebagai wakil menteri dalam negeri. Deputi untuk portofolio pertahanan dan ekonomi masing-masing adalah Bapak Adly Zahari dan Hanifah Hajar Taib.

Deputi untuk portofolio utama lainnya termasuk kesehatan, transportasi dan pendidikan masing-masing adalah Bapak Lukanisman Awang Sauni, Bapak Hasbi Habibollah dan Ibu Lim Hui Ying.



Para wakil menteri dilantik pada Sabtu (10/12/2022) pukul 15:00. Pengumuman itu muncul setelah audiensi Anwar dengan raja pada Jumat sore untuk menyajikan daftar nama yang akan menduduki jabatan wakil menteri.

Kabinet lengkap Anwar sekarang terdiri dari 28 menteri dan 27 deputi, lebih sedikit dari tim Kabinet baru-baru ini yang dipimpin oleh Ismail Sabri Yaakob dan Muhyiddin Yassin. Di bawah pemerintahan Ismail Sabri, ada 31 menteri dan 38 deputi. Muhyiddin, sementara itu, memiliki Kabinet yang terdiri dari 32 menteri dan 38 deputi.

Sebelumnya, Anwar mengatakan kabinetnya akan dirampingkan. Dia juga mengatakan akan meniadakan pengangkatan menteri kabinet sebagai bentuk penghargaan.



Jumat lalu, Anwar meluncurkan nama-nama deputi dan menteri di kabinetnya. Dia sebelumnya menekankan bahwa prioritas utama pemerintah persatuannya adalah masalah pemerintahan yang baik, meringankan beban rakyat dan pembangunan ekonomi.

Pemerintah persatuan Malaysia yang dibentuk setelah Pemilihan Umum ke-15 (GE15) baru-baru ini terdiri dari PH, BN, Gabungan Parti Sarawak (GPS) dan Gabungan Rakyat Sabah (GRS).
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)