Hukum Ala Taliban: Pembunuh Dieksekusi di Depan Umum oleh Ayah Korban

Kamis, 08 Desember 2022 - 07:57 WIB
loading...
Hukum Ala Taliban: Pembunuh Dieksekusi di Depan Umum oleh Ayah Korban
Taliban untuk pertama kalinya menjalankan eksekusi publik sejak berkuasa lagi atas Afghanistan. Seorang pembunuh dieksekusi oleh ayah korban di depan umum di stadion olahraga. Foto/REUTERS
A A A
KABUL - Seorang pria Afghanistan yang dihukum mati karena pembunuhan dieksekusi oleh ayah korbannya di depan umum. Ini adalah eksekusi di depan publik pertama sejak Taliban berkuasa kembali di negara itu.

Taliban, melalui seorang juru bicaranya, mengatakan pria itu tewas di sebuah stadion olahraga yang ramai di provinsi Farah barat daya.

Ayah korban, lanjut Taliban, menembak pria itu tiga kali selama eksekusi.

Puluhan petinggi Taliban juga menghadiri eksekusi itu.

Itu terjadi beberapa minggu setelah hakim diperintahkan untuk sepenuhnya menegakkan hukum Syariah atau hukum Islam.

Baca juga: Pemimpin Tertinggi Taliban Perintahkan Penegakan Penuh Hukum Islam

Pemimpin tertinggi Taliban Haibatullah Akhundzada mengeluarkan dekrit bulan lalu, memerintahkan hakim untuk menjatuhkan hukuman yang mungkin termasuk eksekusi publik, amputasi dan rajam.

Namun, kejahatan yang tepat dan hukuman yang sesuai belum secara resmi ditentukan oleh Taliban.

Sementara beberapa pencambukan publik telah dilakukan baru-baru ini—termasuk selusin orang di depan stadion sepak bola yang penuh sesak di provinsi Logar bulan lalu—itu menandai pertama kalinya Taliban secara terbuka mengakui melakukan eksekusi.

Menurut juru bicara mereka Zabihullah Mujahid, eksekusi tersebut dihadiri oleh beberapa hakim agung, personel militer dan menteri senior--termasuk menteri kehakiman, luar negeri dan dalam negeri.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3755 seconds (10.55#12.26)