Vladimir Putin Sebut Perang Rusia-Ukraina Akan Berlangsung Lama

Kamis, 08 Desember 2022 - 06:52 WIB
loading...
Vladimir Putin Sebut Perang Rusia-Ukraina Akan Berlangsung Lama
Presiden Vladimir Putin isyaratkan perang Rusia di Ukraina akan berlangsung lama. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan operasi militer di Ukraina akan berlangsung lama. Itu disampaikan dalam pertemuan dengan Dewan Masyarakat Sipil dan Hak Asasi Manusia (HAM), Rabu.

Menanggapi pertanyaan tentang durasi permusuhan yang meningkat pada bulan Februari, Putin mengatakan bahwa mencapai semua tujuan akan memakan waktu.

“Tentu saja, ini mungkin proses yang panjang,” kata Presiden Putin, yang menegaskan bahwa konflik sebenarnya dimulai pada 2014 ketika Amerika Serikat (AS) mendukung kudeta nasionalis di Kiev. Dia tidak memberikan estimasi waktu dari penyelesaian perang Rusia di Ukraina.

Putin, seperti pejabat Moskow lainnya, tetap menghindari penggunaan kata perang untuk referensi invasi Rusia di Ukraina. Mereka menamakannya sebagai operasi militer khusus.



Dia berpendapat bahwa Moskow tidak punya banyak pilihan selain melakukan intervensi militer pada bulan Februari untuk mempertahankan Republik Donbass di Donetsk dan Luhansk–yang telah memilih untuk bergabung dengan Rusia, bersama dengan sebagian besar wilayah Kherson dan Zaporozhye atau Zaporizhzhia.

“Wilayah baru ini merupakan keuntungan besar bagi Rusia,” kata Putin, seperti dikutip dari Russia Today, Kamis (8/12/2022). "Bahkan Peter the Great mencari akses ke Laut Azov, dan sekarang menjadi laut internal Federasi Rusia."

“Yang paling penting, orang-orang yang tinggal di sana menunjukkan dalam sebuah referendum bahwa mereka ingin berada di Rusia dan merasa menjadi bagian dari dunia kita,” kata Putin.

“Mereka sekarang bersama kita, jutaan jumlahnya, dan itu adalah hasil terbesar.”

Putin juga mengatakan tidak ada gunanya membahas langkah-langkah mobilisasi tambahan, karena lebih dari 300.000 tentara cadangan dipanggil untuk mengisi barisan militer sudah cukup.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1632 seconds (0.1#10.140)