Sore Ini PM Anwar Ibrahim Akan Umumkan Susunan Kabinet

Jum'at, 02 Desember 2022 - 15:27 WIB
loading...
Sore Ini PM Anwar Ibrahim Akan Umumkan Susunan Kabinet
Sore Ini PM Anwar Ibrahim Akan Umumkan Susunan Kabinet. FOTO/Reuters
A A A
KUALA LUMPUR - Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim mengatakan pada Jumat (2/12), bahwa dia akan mengumumkan susunan kabinetnya pada sore hari. Dia menambahkan bahwa anggota Kabinet baru akan menghadiri pertemuan khusus pada awal pekan depan.

“Saya telah membuat keputusan untuk mempresentasikan (susunan Kabinet) kepada raja. Insya Allah nanti sore saya umumkan line-upnya,” ujar Anwar, seperti dikutip dari Bernama.

Baca: Anwar Ibrahim Akan Dengar Semua Masukan Sebelum Bentuk Kabinet

Mr Anwar menambahkan: "Setelah Kabinet terbentuk, saya akan mengadakan pertemuan khusus pada hari Senin juga untuk menetapkan beberapa peraturan baru untuk para menteri.

"Cara mereka mengelola kementerian, cara mereka bekerja berdampingan dengan pegawai negeri, dan cara mereka membuat pengumuman kebijakan," lanjutnya.

Pada hari Kamis, dia mengatakan bahwa pembahasan susunan kabinetnya hampir selesai dan dia berharap pengumuman dapat segera dilakukan.

Pada Jumat pagi, ketua Pakatan Harapan (PH) itu terlihat memasuki Istana Negara pada pukul 08.22 oleh media setempat. Dia meninggalkan istana nasional sekitar pukul 9.15 pagi. Anwar kemudian bertemu dengan Sultan Perak, Sultan Nazrin Shah di Istana Kinta di Perak.

Baca: PM Anwar Ibrahim Tolak Mobil Dinas Mewah Mercedes-Benz S600

Minggu lalu, Anwar mengatakan bahwa dia akan merampingkan Kabinet dan menghapus penunjukan menteri Kabinet sebagai bentuk penghargaan. Pemerintahan sebelumnya di bawah Ismail Sabri Yaakob memiliki Kabinet yang terdiri dari 31 menteri dan 38 deputi.

Pada hari Senin, setelah rapat dewan kepresidenan PH, Anwar ditanya oleh wartawan apakah dia telah menyelesaikan pemilihan anggota Kabinetnya.

“Prosesnya adalah setiap orang dapat memberikan pandangan mereka tetapi mereka menyerahkan kepada saya untuk membuat keputusan akhir,” kata perdana menteri.

Anwar juga ditanya apakah dia akan mempertimbangkan pandangan organisasi non-pemerintah tertentu untuk tidak mempertimbangkan anggota parlemen dengan kasus pengadilan yang sedang berlangsung di Kabinetnya, termasuk Ketua Barisan Nasional (BN) Ahmad Zahid Hamidi.

“Itu pandangan yang kami pertimbangkan. Tapi dari segi hukum, baru setelah ada putusan (akan berpengaruh). Selebihnya, akan kami pertimbangkan,” jelas Anwar.
(esn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3063 seconds (10.55#12.26)