Capai 50 Derajat Celsius, Wilayah di Saudi Ini Terpanas di Dunia

Kamis, 09 Juli 2020 - 09:53 WIB
loading...
Capai 50 Derajat Celsius, Wilayah di Saudi Ini Terpanas di Dunia
Al Asha, wilayah di Arab Saudi yang jadi Situs Warisan Duni UNESCO. Foto/Abdullah al-Sheikh/ Al Arabiya
A A A
AL ASHA - Suhu di wilayah Al Asha, Arab Saudi , tercatat sebagai yang terpanas di dunia sejak hari Senin lalu. Panas di wilayah yang jadi Situs Warisan Dunia UNESCO ini mencapai 50 derajat Celsius.

Para warga setempat berjuang untuk melepaskan diri dari panasnya suhu. Al Ahsa, yang terletak di provinsi timur Kerajaan Arab Saudi, adalah salah satu oasis pertanian alami terbesar di dunia.

Wilayah ini mengalami gelombang panas hebat tahun ini karena dikelilingi oleh gurun Jafurah. Demikian disampaikan pakar klimatologi di King Faisal University Afnan al-Mulhem kepada Al Arabiya, Rabu (8/7/2020).

Iklimnya membuatnya sempurna untuk memanen kurma dan buah lain, termasuk buah ara dan lemon. (Baca: Pangeran Arab Saudi Khalid bin Saud Meninggal di Luar Negeri )

Untuk membantu mengurangi panas di musim panas ini, dua juta pohon palem ditanam di sekitar Al Ahsa, yang menciptakan sabuk hijau perkotaan. Menurut Abdulaziz al-Rashood, langkah itu juga memberi petani lebih banyak lahan yang dapat diakses untuk memanen tanaman musim panas mereka.

Menurut Organisasi Meteorologi Dunia (WMO), suhu tertinggi yang tercatat di benua Asia berada di Mitribah, Kuwait, pada 21 Juli 2016, yakni 54 derajat Celcius.

Suhu terpanas yang pernah dicatat WMO adalah di Furnace Creek, Death Valley, California, yang mencapai 56,7 derajat Celcius pada 10 Juli 1913.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1693 seconds (0.1#10.140)