Iran: 40 Warga Asing Ditangkap di Tengah Aksi Protes

Selasa, 22 November 2022 - 23:00 WIB
loading...
Iran: 40 Warga Asing Ditangkap di Tengah Aksi Protes
Iran mengatakan telang menangkap 40 warga asing selama aksi protes yang mencengkeram negara itu. Foto/Ilustrasi
A A A
TEHERAN - Iran mengatakan 40 warga asing telah ditangkap karena peran mereka dalam aksi protes yang sedang berlangsung atas kematian seorang wanita dalam tahanan polisi.

"Sejauh ini, 40 warga negara asing telah ditangkap karena keterlibatan mereka dalam protes," kata Juru Bicara Kehakiman Iran Masoud Setayeshi dalam konferensi pers yang dikutip oleh kantor berita negara IRNA seperti dilansir dari Anadolu, Selasa (22/11/2022).

Namun, dia tidak memberikan rincian tentang kewarganegaraan mereka.

Baca: Aktris Iran Ditangkap setelah Pamer Video Copot Jilbab

Iran telah diguncang oleh aksi protes besar-besaran sejak September lalu atas kematian seorang wanita berusia 22 tahun, Mahsa Amini, dalam tahanan polisi moral Iran.

Serangkaian serangan oleh pengunjuk rasa bersenjata terhadap personel keamanan telah dilaporkan di seluruh negeri, dengan lebih dari selusin pembunuhan polisi dan pasukan paramiliter Basij.

Otoritas Iran menyalahkan negara-negara Barat, khususnya Amerika Serikat (AS), karena memicu kerusuhan di negara itu.

Sejauh ini, enam orang telah dijatuhi hukuman mati dalam vonis awal oleh pengadilan di Teheran, sementara banyak lainnya telah dijatuhi hukuman penjara mulai dari 5 hingga 10 tahun.

Baca: Khamenei: Musuh Mungkin Coba Mobilisasi Kaum Pekerja dan Wanita

Protes sekarang telah menyebar ke lebih dari 140 kota dan berlangsung selama lebih dari dua bulan. Menurut LSM Hak Asasi Manusia Iran yang berbasis di Norwegia pasukan keamanan Iran telah menewaskan sedikitnya 378 orang - termasuk 47 anak-anak - dalam tindakan keras terhadap protes

“Setidaknya 378 pengunjuk rasa, termasuk 47 anak-anak, telah dibunuh oleh pasukan penindas sejak 16 September,” kata direktur Hak Asasi Manusia Iran, Mahmood Amiry-Moghaddam, seperti dikutip dari AFP.

Angka tersebut merupakan peningkatan 36 jiwa, sejak kelompok yang berbasis di Norwegia mengeluarkan jumlah korban sebelumnya pada hari Rabu. Ini mencakup sedikitnya 123 orang yang tewas di provinsi Sistan-Baluchistan, di perbatasan tenggara Iran dengan Pakistan, 40 di provinsi Kurdistan dan Teheran, dan 39 di provinsi Azerbaijan Barat.

Baca: Demo Rusuh, Massa Bunuh Kepala Intelijen IRGC Iran
(ian)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1430 seconds (10.55#12.26)