4 Negara yang Ingin Gabung BRICS, dari Iran hingga Arab Saudi

Selasa, 22 November 2022 - 21:22 WIB
loading...
4 Negara yang Ingin Gabung BRICS, dari Iran hingga Arab Saudi
Para pemimpin negara-negara BRICS (Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan) saat berkumpul. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - BRICS merupakan singkatan dari Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan yang secara kolektif dipandang sebagai kekuatan ekonomi baru yang muncul.

Dikutip dari brics2021.gov.in, terbentuknya kelompok ini didasari atas fakta yang dikemukakan oleh bangsawan Britania Raya, Goldman's O'Neill, yang mencatat bahwa sementara PDB global ditetapkan naik 1,7% pada tahun 2002, negara-negara BRICS diperkirakan tumbuh lebih cepat daripada Kelompok Tujuh (G7)--tujuh ekonomi global paling maju yakni Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat (AS).

Setelah melakukan pertemuan awalnya pada 2009 lalu, dan masuknya Afrika Selatan pada 2011, kini BRICS sudah mulai terpandang dan menjadi suatu perkumpulan yang menjanjikan teruntuk persoalan ekonomi.

Karenanya, terdapat beberapa negara yang ingin bergabung dengan BRICS. Berikut 4 negara yang Ingin bergabung dengan BRICS:

1. Iran

Dikutip dari Reuters, pada 28 Juni 2021 lalu, Iran yang memiliki cadangan gas terbesar di dunia telah mengajukan permohonan untuk bergabung dengan BRICS.

Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri di Teheran, keanggotaan Iran di BRICS akan menghasilkan nilai tambah bagi kedua belah pihak.

2. Argentina

Bersamaan dengan Iran, Presiden Argentina Alberto Fernandez juga telah menegaskan kembali keinginannya agar negaranya bergabung dengan BRICS pada 2021 lalu.

Dilansir dari The Diplomat, pada Juni 2022, presiden negeri Tango tersebut juga telah memenuhi undangan Presiden China Xi Jinping untuk berpartisipasi dalam KTT 2022.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2156 seconds (11.252#12.26)