Khamenei: Musuh Mungkin Coba Mobilisasi Kaum Pekerja dan Wanita

Minggu, 20 November 2022 - 19:10 WIB
loading...
Khamenei: Musuh Mungkin Coba Mobilisasi Kaum Pekerja dan Wanita
Khamenei: Musuh Mungkin Coba Mobilisasi Kaum Pekerja dan Wanita. FOTO/Reuters
A A A
TEHERAN - Protes berkecamuk di universitas-universitas Iran dan di beberapa kota negara itu, Sabtu (19/11/2022). Pemimpin tertinggi spiritual Iran, Ayatollah Ali Khamenei memperingatkan "musuh" negara itu mungkin mencoba memobilisasi kaum pekerja, setelah gagal menggulingkan pemerintah Islam dalam kerusuhan lebih dari dua bulan.

Salah satu tantangan paling berani bagi para pemimpin ulama Iran dalam beberapa dasawarsa, protes semakin memuncak, membuat frustrasi pihak berwenang yang menyalahkan musuh asing Iran dan agen mereka karena mengatur gangguan tersebut.



"Sampai jam ini, syukurlah, musuh telah dikalahkan. Tetapi musuh memiliki trik baru setiap hari. Dan, dengan kekalahan hari ini, mereka mungkin menargetkan kelas yang berbeda seperti pekerja dan wanita," kata Khamenei seperti dikutip dari Reuters.

Wanita dan mahasiswa telah memainkan peran penting dalam demonstrasi jalanan anti-pemerintah, melambaikan dan membakar jilbab untuk mencela aturan berpakaian Islami yang ketat di Iran untuk wanita.

Gelombang kerusuhan meletus pada September setelah wanita Kurdi-Iran Mahsa Amini meninggal dalam tahanan polisi moral negara itu setelah dia ditangkap karena mengenakan pakaian yang dianggap "tidak pantas".



Protes menyebar ke sektor energi vital bulan lalu tetapi demonstrasi oleh para pekerja, yang sebagian ditujukan untuk tuntutan terkait dengan gaji dan kondisi kerja, telah dibatasi.

Pada tahun 1979, kombinasi protes massa dan pemogokan oleh pekerja minyak dan pedagang bazaar membantu menyapu ulama ke tampuk kekuasaan dalam revolusi Islam Iran.

Pada hari Sabtu, kantor berita aktivis HRANA mengatakan pemogokan duduk dan protes terjadi di dua lusin kampus di ibukota, Teheran, dan di kota-kota besar termasuk Isfahan, Tabriz dan Shiraz dengan slogan-slogan termasuk "Kebebasan, kebebasan, kebebasan".



Kelompok hak asasi Kurdi Hengaw memposting video yang dimaksudkan untuk menunjukkan pasukan keamanan menembaki pengunjuk rasa di kota Divandarreh, menewaskan satu pengunjuk rasa. Reuters tidak dapat memverifikasi video tersebut.

HRANA mengatakan, 402 pengunjuk rasa telah tewas dalam kerusuhan pada hari Jumat, termasuk 58 anak di bawah umur. Sekitar 54 anggota pasukan keamanan juga tewas, tambahnya. Lebih dari 16.800 orang telah ditangkap, katanya.

(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1910 seconds (0.1#10.140)