Beredar Video dengan Klaim Demonstran Iran Bakar Rumah Ayatollah Khomeini

Sabtu, 19 November 2022 - 00:01 WIB
loading...
Beredar Video dengan Klaim Demonstran Iran Bakar Rumah Ayatollah Khomeini
Cuplikan dari video yang diklaim para aktivis sebagai aksi demonstran membakar rumah almarhum Ayatollah Ruhollah Khoemini. Foto/WION News
A A A
TEHERAN - Video yang diklaim para aktivis sebagai aksi demonstran membakar rumah mantan pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ruhollah Khomeini telah beredar. Namun, media setempat menolak klaim tersebut.

Menurut narasi dalam video itu, demonstran pada hari Kamis mengamuk dalam protes yang telah memasuki bulan ketiga. Itu adalah protes anti-rezim yang dipicu oleh kematian Mahsa Amini.

Menurut video yang di-posting oleh kelompok aktivis 1500tasvir di Twitter, para pengunjuk rasa turun ke jalan di setidaknya 23 kota di seluruh Iran pada hari Kamis.

Baca juga: Membangkang Aturan Pemerintah, Aksi Pasangan Iran Ciuman di Jalan Jadi Viral

Di kota Khomein, tempat kelahiran Khomeini, pengunjuk rasa membakar rumah yang telah diubah menjadi museum pendiri Republik Islam tersebut.

"Luar biasa: Para pengunjuk rasa di Iran membakar rumah leluhur (sekarang menjadi museum) Ayatollah Khomeini, bapak revolusi 1979, di kota Khomein," tulis aktivis yang juga senior fellow di Carnegie Endowment, Karim Sadjadpur, via akun Twitter-nya @ksadjadpour.

Video lain dari Khomein menunjukkan pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan menentang para pemimpin ulama Iran.

“Tahun ini adalah tahun darah, [Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei] akan digulingkan,” teriak pengunjuk rasa di Ibu Kota Iran, Teheran, dalam sebuah video yang di-posting oleh 1500tasvir, seperti dikutip Al Arabiya, Jumat (18/11/2022).

Kantor berita Iran,Fars, melaporkan lima anggota pasukan keamanan tewas selama protes hari Kamis.

Media Iran lainnya, Tasnim, menolak klaim bahwa rumah Khomeini telah dibakar, dan menyebut bahwa sejumlah kecil orang telah berkumpul di luar rumah.

“Laporan itu bohong,” tulis kantor berita Tasnim, menambahkan, “Pintu rumah almarhum pendiri revolusi besar terbuka untuk umum.”
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3141 seconds (10.55#12.26)