AS: Rusia Bertanggung Jawab Atas Insiden Rudal di Polandia

Kamis, 17 November 2022 - 05:42 WIB
loading...
A A A
Kementerian Pertahanan Rusia membantah bertanggung jawab. Polandia dan AS mengambil sikap diam, karena mereka menghindari menuding pihak mana pun.

Namun sejumlah pemimpin dunia dan Presiden Polandia mengatakan kemungkinan rudal itu diluncurkan oleh pertahanan udara Ukraina. Pernyataan ini sekaligus meredakan kekhawatiran bahwa serangan itu dapat menyeret NATO ke dalam konflik langsung dengan Rusia, memberikan alasan kepada Vladimir Putin untuk menyerang Barat.

Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan dia telah melihat 'tidak ada bukti' rudal itu ditembakkan oleh Rusia dan sebenarnya 'sangat mungkin' roket S-300 era Soviet itu berasal dari Ukraina.



Hal senada juga diungkapkan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg dengan mengatakan serangan itu kemungkinan adalah rudal Ukraina, tidak ada indikasi itu disengaja dan tidak ada indikasi Rusia sedang mempersiapkan serangan terhadap NATO.

Meski begitu,Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bersikeras bahwa ledakan fatal yang menewaskan dua orang di Polandia dekat perbatasan negaranya disebabkan oleh rudal Rusia.



(ian)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1957 seconds (0.1#10.140)
pixels