Polandia-NATO Sepakat Ukraina Tak Sengaja Tembakkan Rudal ke Lahan Pertanian

Rabu, 16 November 2022 - 22:15 WIB
loading...
Polandia-NATO Sepakat Ukraina Tak Sengaja Tembakkan Rudal ke Lahan Pertanian
Polandia-NATO Sepakat Ukraina Tak Sengaja Tembakkan Rudal ke Lahan Pertanian. FOTO/Reuters
A A A
PRZEWODOW - Polandia dan NATO sepakat pada Rabu (16/11/2022), bahwa serangan rudal di lahan pertanian Polandia yang menewaskan dua orang tampaknya bukan serangan yang disengaja.

Polandia dan NATO juga meyakini bahwa pertahanan udara Ukraina kemungkinan meluncurkan serangan rudal era Soviet untuk melawan pemboman Rusia yang merusak jaringan listrik Ukraina.



“Pertahanan Ukraina meluncurkan rudal mereka ke berbagai arah dan sangat mungkin bahwa salah satu rudal ini sayangnya jatuh di wilayah Polandia,” kata Presiden Polandia Andrzej Duda, seperti dikutip dari AP.

“Tidak ada, sama sekali tidak ada, yang menunjukkan bahwa itu adalah serangan yang disengaja terhadap Polandia,” lanjutnya.

Sementara Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, pada pertemuan aliansi militer 30 negara di Brussels, menggemakan temuan awal Polandia. “Kami tidak memiliki indikasi bahwa ini adalah hasil dari serangan yang disengaja,” ujar Stoltenberg.

Penilaian awal dari pendaratan rudal yang mematikan pada hari Selasa tampaknya membalikkan kemungkinan serangan yang memicu eskalasi besar lainnya dalam invasi Rusia yang hampir berusia 9 bulan ke Ukraina. Jika Rusia sengaja menargetkan Polandia, itu bisa berisiko menarik NATO ke dalam konflik.



Namun, Stoltenberg dan yang lainnya menyalahkan secara keseluruhan, tetapi tidak secara spesifik atas perang Presiden Rusia Vladimir Putin. “Ini bukan salah Ukraina. Rusia memikul tanggung jawab utama,” kata Stoltenberg.

Sebelum penilaian Polandia dan NATO, Presiden AS Joe Biden mengatakan "tidak mungkin" bahwa Rusia menembakkan rudal tetapi menambahkan: "Saya akan memastikan kita mencari tahu persis apa yang terjadi."

Tiga pejabat AS mengatakan penilaian awal menunjukkan bahwa itu ditembakkan oleh pasukan Ukraina ke Rusia. Para pejabat berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk membahas masalah ini secara terbuka.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1790 seconds (0.1#10.140)