Bocoran Dokumen Ungkap Permusuhan Yasser Arafat dengan Mahmoud Abbas

Minggu, 13 November 2022 - 08:56 WIB
loading...
Bocoran Dokumen Ungkap Permusuhan Yasser Arafat dengan Mahmoud Abbas
Dokumen yang bocor mengungkapkan permusuhan Yasser Arafat dan Mahmoud Abbas. Foto/BBC
A A A
YERUSALEM - Ratusan dokumen mengenai kematian mendiang Palestina Yasser Arafat bocor ke publik selama seminggu terakhir. Ini menimbulkan kontroversi dan perdebatan di kalangan penjabat Palestina.

Menurut laporan di media Israel, dokumen yang bocor menyebut Arafat sangat tidak menyukai Presiden Palestina saat ini Mahmoud Abbas dan percaya bahwa yang nama terakhir berencana untuk menggulingkannya.

Sumber kebocoran dokumen ini masih belum diketahui. Media Israel melaporkan bahwa Arafat yakin bahwa Presiden Palestina Abbas bersekongkol melawannya bekerja sama dengan Israel dan Amerika Serikat (AS) seperti dilansir dari Al Araby, Minggu (13/11/2022).

Arafat meninggal di sebuah rumah sakit Prancis pada tahun 2004 dan warga Palestina memperingati 18 tahun kematiannya pada minggu ini.



Ada kepercayaan luas di kalangan warga Palestina bahwa dia diracun meskipun hal ini tidak pernah terbukti secara meyakinkan.

Pejabat Palestina telah menolak untuk mengkonfirmasi atau menyangkal keaslian dokumen tersebut, yang sebagian besar terdiri dari kesaksian yang diberikan di hadapan komisi khusus yang dibentuk oleh Otoritas Palestina untuk menyelidiki kematian Arafat 18 tahun lalu.

Pihak komisi khusus itu dilaporkan berusaha mengungkap siapa yang membocorkannya.

Ada laporan bahwa penentang Abbas dalam gerakan Fatah Palestina yang dipimpinnya sengaja membocorkan dokumen itu untuk merugikan presiden.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)