Kremlin: Status Kherson sebagai Bagian dari Rusia Tidak Berubah

Jum'at, 11 November 2022 - 20:14 WIB
loading...
Kremlin: Status Kherson sebagai Bagian dari Rusia Tidak Berubah
Kremlin menegaskan status Kherson sebagai bagian dari Rusia tidak berubah meski menarik mundur pasukannya. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Kremlin mengatakan bahwa penarikan pasukan Rusia dari Kherson tidak akan mengubah status wilayah tersebut, yang telah dinyatakan Moskow sebagai bagian dari Rusia setelah mencaploknya dari Ukraina.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan bahwa status kawasan itu "tetap" dan tidak ada perubahan yang mungkin terjadi.

“Ini adalah subjek dari Federasi Rusia - itu ditetapkan dan ditentukan secara hukum. Tidak ada perubahan dan tidak ada perubahan,” kata Peskov seperti dilansir dari Independent, Jumat (11/11/2022).



Dia mengatakan Moskow tidak menyesal mengumumkan pencaplokan Kherson dan tiga wilayah lainnya dalam upacara kemenangan di Moskow pada 30 September.

Dalam komentar publik pertama Kremlin sejak Menteri Pertahanan Sergei Shoigu mengumumkan pasukan Rusia akan mundur dari kota Kherson ke seberang Sungai Dnipro, Peskov mengatakan itu adalah keputusan yang diambil oleh kementerian pertahanan dan dia tidak perlu menambahkan apa pun.

Rusia mengklaim Kherson dan tiga wilayah Ukraina lainnya setelah mengadakan apa yang disebutnya referendum pada bulan September lalu. Pemungutan suara itu dikecam oleh pemerintah Kiev dan Barat sebagai ilegal dan memaksa.

Namun pada hari Rabu, dalam aksi mundur besar-besaran, Rusia mengumumkan pasukannya akan menarik diri dari kota Kherson dalam menghadapi serangan balasan besar Ukraina.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)