Tak Disangka, Kaleng Popcorn Ini Berisi Deposit Bitcoin Rp51,7 Triliun

Kamis, 10 November 2022 - 15:01 WIB
loading...
A A A
Mata uang digital Bitcoin sepenuhnya virtual dan berada di luar kendali pemerintah dan bank sentral, seperti versi uang tunai online.

Silk Road adalah pasar gelap online di mana pengguna dapat membeli dan menjual barang ilegal secara anonim--ini termasuk obat-obatan terlarang dan SIM palsu.

Pada tahun 2013, sebuah penggerebekan menemukan Ross Ulbricht yang saat itu berusia 29 tahun menjadi dalang dari operasi Silk Road dan dijatuhi dua hukuman seumur hidup karena perannya sebagai gembong yang menjalankan perusahaan kriminal.

Pengadilan AS telah menolak bandingnya atas pengadilan distrik yang menghukumnya melanggar Amandemen Keempat Konstitusi Amerika.

Menurut Ulbricht, surat perintah penggeledahan yang digunakan untuk mengumpulkan barang bukti dari laptopnya melanggar Amandemen Keempat.

Pengadilan menolak banding hacker terkenal itu setelah memutuskan bahwa surat perintah penggeledahan yang dikeluarkan untuk laptop, akun Facebook dan Google miliknya spesifik dan sesuai dengan konstitusi.

Dia awalnya dihukum karena konspirasi dan perdagangan narkoba. Ketika FBI menyita laptopnya, mereka mengamankan 30.000 Bitcoin—kira-kira senilai USD70 juta.

Di persidangannya Ulbricht mengaku menciptakan "Silk Road" tetapi membantah melakukan kesalahan. Dia menggunakan nama alias "Dread Pirate Roberts", nama yang merujuk pada cerita anak-anak The Princess Bride.

"Saya ingin memberdayakan orang untuk membuat pilihan dalam hidup mereka dan memiliki privasi dan anonimitas," katanya.

Namun, dia menyadari bahwa dia telah menghancurkan hidupnya dengan melanggar hukum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1805 seconds (0.1#10.140)