Pemilih di 5 Negara Bagian AS Akan Putuskan Soal Legalisasi Ganja

Rabu, 09 November 2022 - 11:30 WIB
loading...
Pemilih di 5 Negara Bagian AS Akan Putuskan Soal Legalisasi Ganja
Pemilih di 5 Negara Bagian AS Akan Putuskan Soal Legalisasi Ganja. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Pemilih di lima negara bagian Amerika Serikat (AS) memutuskan pada hari pemilihan, apakah akan menyetujui ganja rekreasi. Ini merupakan langkah yang dapat menandakan perubahan besar menuju legalisasi, bahkan di bagian paling konservatif di negara itu.

Proposal tersebut ada di surat suara di Arkansas, Maryland, Missouri, North Dakota, dan South Dakota dan mengikuti langkah Presiden Joe Biden untuk mendekriminalisasi ganja. Bulan lalu, Biden mengumumkan kalau dia mengampuni ribuan orang Amerika yang dihukum karena kepemilikan ganja di bawah hukum federal.



Pendukung inisiatif ganja mengatakan pengumuman Biden dapat memberikan dorongan untuk upaya mereka. Saat ini, ganja rekreasi legal di 19 negara bagian AS dan jajak pendapat menunjukkan penentangan terhadap pelunakan legalisasi. Semua negara bagian dengan ganja rekreasi di surat suara, kecuali Maryland, memilih Donald Trump dalam pemilihan presiden 2020.

Saat ini, lima negara bagian juga memiliki program ganja medis legal. Itu termasuk Arkansas, yang pada 2016 menjadi negara bagian Sabuk Alkitab pertama yang menyetujui mariyuana medis. Apotik negara dibuka pada 2019, dan lebih dari 91.000 pasien memiliki kartu untuk membeli ganja secara legal untuk kondisi medis.

Kampanye legalisasi telah mengumpulkan sekitar USD23 juta di lima negara bagian, dengan sebagian besar di Arkansas dan Missouri. Lebih dari 85% kontribusi di kedua negara bagian tersebut berasal dari donor yang terkait dengan perusahaan yang memegang lisensi mariyuana medis, menurut analisis Associated Press dari laporan keuangan kampanye terbaru.



Di Arkansas, pendukung telah menjalankan iklan optimis menggembar-gemborkan ribuan pekerjaan yang mereka katakan akan diciptakan oleh tindakan tersebut. Sementara kubu lawan telah menjalankan tempat yang lebih tidak menyenangkan, memperingatkan pemilih untuk "melindungi Arkansas dari ganja besar."

Melody Finley, seorang Republikan di Little Rock, Arkansas, mengatakan, dia memilih langkah legalisasi negara karena dia pikir itu dapat membantu beberapa orang untuk kondisi tertentu. “Jika Anda bisa membeli alkohol, Anda juga bisa membelinya,” kata Finley, yang berprofesi sebagai instruktur tari.

Tetapi Rick Huffman, seorang pemilih di Sioux Falls, South Dakota, pada hari Selasa memberikan suara menentang proposal legalisasi negara bagian itu, dua tahun setelah mendukung ganja rekreasi dalam pemungutan suara South Dakota pada tahun 2020.



"Saya punya anak yang sudah remaja sekarang," katanya. “Jadi saya pikir itu pada akhirnya akan terjadi, tetapi mungkin saya akan menunggu sampai anak-anak saya tumbuh dewasa,” lanjutnya.

Jeff Borgrud, 68, seorang Demokrat di Fargo, North Dakota, mengatakan dia menolak proposal ganja rekreasi negara bagian itu. “Saya tidak melihat ada gunanya menggunakan ganja,” kata Borgrud, seorang pensiunan dan veteran Angkatan Laut. "Mungkin tujuan medis sesekali tetapi sangat terbatas."
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0920 seconds (0.1#10.140)