Italia Akan Kirim Sistem Pertahanan Udara ke Ukraina

Rabu, 09 November 2022 - 10:15 WIB
loading...
Italia Akan Kirim Sistem Pertahanan Udara ke Ukraina
Italia Akan Kirim Sistem Pertahanan Udara ke Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
ROMA - Pemerintah Italia sedang menyiapkan paket senjata baru untuk Ukraina , termasuk sistem pertahanan udara, kata seorang pejabat koalisi pemerintah, Selasa (8/11/2022).

Negara-negara Barat telah mengirimkan lebih banyak perangkat keras pertahanan udara ke Ukraina sejak Presiden Volodymyr Zelenskyy bulan lalu meminta para pemimpin negara-negara Kelompok Tujuh (G7) untuk membantu menghentikan rudal Rusia yang menghujani kota-kota Ukraina.

Baca: Zelenksy: Kami Tidak Akan Menyerahkan Satu Sentimeter Pun Tanah Kami

Seperti dilaporkan Reuters, Pejabat koalisi Italia, yang menolak disebutkan namanya, mengatakan, Roma siap memberi Ukraina berbagai sistem pertahanan udara, termasuk SAMP/T jarak menengah Prancis-Italia dan Aspide Italia, serta rudal Stinger portabel.

Namun, masih belum jelas berapa banyak yang bisa ditawarkan atau kapan pengiriman mungkin dikirimkan, kata pejabat itu.

Sebelumya pada awal pekan ini, Menteri Pertahanan Italia Guido Crosetto berbicara melalui telepon dengan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dan berjanji untuk mendukung Ukraina melawan invasi Rusia untuk "selama diperlukan", kata sebuah pernyataan.

Italia menyetujui pengiriman senjata pertamanya ke Kiev pada akhir Februari, di bawah pemerintahan persatuan nasional Mario Draghi. Pemerintah koalisi sayap kanan Giorgia Meloni yang baru dilantik sedang mempersiapkan pasokan putaran keenam.

Baca: 300 Personelnya Tewas, Unit Elit Marinir Rusia Kecam Keputusan Komandan

Meloni adalah pendukung setia Ukraina terlepas dari ambivalensi sekutu koalisinya, Matteo Salvini dan Silvio Berlusconi, yang keduanya secara historis memiliki hubungan dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Roma tidak pernah mengungkapkan rincian senjata yang telah dikirim ke Kiev sejak invasi Rusia, tetapi media Italia dan Ukraina mengatakan pengiriman sebelumnya termasuk beberapa sistem peluncuran roket (MLRS), howitzer Pzh2000 dan kendaraan lapis baja.
(esn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1568 seconds (10.101#12.26)