AS Berencana Kerahkan Kapal Induk Jika Korut Uji Coba Bom Nuklir

Rabu, 09 November 2022 - 00:24 WIB
loading...
AS Berencana Kerahkan Kapal Induk Jika Korut Uji Coba Bom Nuklir
Amerika Serikat berencana untuk mengerahkan kapal induk ke Laut Jepang jika Korea Utara menguji coba senjata nuklir. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Militer Amerika Serikat (AS) berencana untuk mengerahkan kapal induk ke Laut Jepang sebagai aksi unjuk kekuatan jika Korea Utara (Korut) melakukan uji coba bom nuklir ketujuhnya.

Rencana itu diungkap sumber yang mengetahui masalah tersebut Senin (7/11/2022), sebagaimana dilansir Kyodo, Selasa (8/11/2022). Sumber itu menambahkan keputusan tersebut diharapkan akan diambil sejalan dengan Jepang dan Korea Selatan (Korsel).

Menurut sumber tersebut, pemerintahan Presiden Joe Biden juga sedang mempersiapkan rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB dalam upaya memperkuat sanksi terhadap Korea Utara, sambil mengeluarkan pernyataan dengan negara-negara industri G7 lainnya untuk mengecam Pyongyang.



Pemerintahan Biden melihat "pencegahan terpadu" sebagai bagian penting dari strategi keamanan nasionalnya, yang bertujuan untuk memperjelas biaya agresi melalui berbagai instrumen kekuatan nasional, kolaborasi lintas domain keamanan, dan koordinasi dengan sekutu.

Menurut sumber, untuk menggarisbawahi hubungan trilateral Amerika Serikat dan dua sekutu terdekatnya di Asia, Kepala Komando Indo-Pasifik AS Laksamana John Aquilino dapat bergabung dengan perwira tinggi Pasukan Bela Diri Jepang dan militer Korea Selatan di atas kapal induk bertenaga nuklir saat berlayar di Laut Jepang.

Korea Utara telah meluncurkan rudal balistik dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya tahun ini dan juga diyakini telah membuat persiapan untuk uji coba nuklir ketujuh, yang akan menjadi yang pertama sejak September 2017.

Ada spekulasi bahwa uji coba senjata nuklir Korut dapat dilakukan menjelang pemilu paruh waktu di Amerika Serikat pada hari Selasa.

Pemerintah AS telah meminta Korea Utara untuk menahan diri dari provokasi lebih lanjut dan terlibat dalam dialog berkelanjutan dan substantif menuju denuklirisasi lengkap.

Sumber menambahkan, jika Pyongyang melanjutkan uji coba nuklir, Amerika Serikat kemungkinan akan menyusun resolusi Dewan Keamanan PBB yang membidik ekspor minyak mentah dan produk minyak olahan Korea Utara serta kelompok peretas Korea Utara; Lazarus.

Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan juga mempertimbangkan untuk mengumumkan sanksi sepihak terhadap Korea Utara, karena Dewan Keamanan PBB mungkin gagal meloloskan resolusi tersebut karena keberatan dari anggota tetap pemegang hak veto, Rusia dan China, yang merupakan dermawan utama Korea Utara.

Pengaturan sedang dilakukan bagi para pemimpin Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan untuk bertemu di sela-sela pertemuan internasional di Asia Tenggara akhir bulan ini dan bagaimana menanggapi kemungkinan provokasi Korea Utara dapat menjadi agenda.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1654 seconds (0.1#10.140)