Terungkap, Gedung Putih Diam-diam Minta Bank-bank AS Berbisnis dengan Rusia

Selasa, 08 November 2022 - 17:59 WIB
loading...
Terungkap, Gedung Putih Diam-diam Minta Bank-bank AS Berbisnis dengan Rusia
Gedung Putih diam-diam meminta bank-bank AS untuk tetap berbisnis dengan Rusia. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Sebuah laporan menyebut pemerintahan Joe Biden secara pribadi mendesak bank-bank terkemuka Amerika Serikat (AS) seperti JP Morgan Chase dan Citigroup untuk terus berbisnis dengan perusahaan-perusahaan strategis Rusia meskipun ada sanksi yang dijatuhkan.

Adalah Bloomberg yang menurunkan laporan tersebut mengutip sejumlah sumber yang mengetahui masalah tersebut.

"Permintaan telah dibuat oleh Departemen Keuangan dan Luar Negeri AS ketika pemerintah mencoba untuk mempertahankan tekanan pada Rusia, tetapi pada saat yang sama menghindari bencana ekonomi global," tulis kantor berita itu seperti dikutip dari Russia Today, Selasa (8/11/2022).

Sebuah sumber mengatakan kepada Bloomberg bahwa Washington telah meminta layanan seperti penyelesaian dolar AS, transfer pembayaran, dan pembiayaan perdagangan untuk perusahaan Rusia yang dibebaskan dari aspek-aspek tertentu dari sanksi, termasuk raksasa gas Gazprom dan produsen pupuk Uralkali dan PhosAgro.



Akibatnya, bank-bank Amerika terbesar saat ini “terperangkap dalam tarik-menarik” antara pemerintahan Biden dan Kongres, yang menuntut tindakan lebih keras terhadap Moskow.

Sanksi tersebut mencegah bank-bank AS memberikan layanan kepada entitas dan orang yang masuk daftar hitam, dengan pelanggaran yang dapat dihukum dengan denda miliaran dolar.

CEO bank investasi JPMorgan Chase, Jamie Dimon, dilaporkan ditegur pada sidang kongres pada bulan September setelah perusahaannya yang diduga menggunakan celah dalam rezim sanksi untuk tetap bekerja dengan Rusia.

“Kami mengikuti instruksi dari pemerintah Amerika ketika mereka meminta kami untuk melakukannya,” jawab sang bankir.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1569 seconds (0.1#10.140)