Experience Indonesia: Diplomasi Budaya, Menghangatkan London di Tengah Musim Dingin

Senin, 07 November 2022 - 17:28 WIB
loading...
A A A
Area kuliner menjadi favorit pengunjung. Untuk mengobati rasa rindu tanah air, Indonesia Day menyajikan mi ayam, rendang, bakso, nasi campur, sate dan berbagai kuliner otentik olahan 6 vendor UMKM pengusaha resto Indonesia di Inggris.

Acara dibuka oleh Menparekraf Sandiaga Uno. “Ini acara yang sangat baik dan sukses untuk mempromosikan Indonesia, dan harapannya akan berkontribusi bagi pemulihan ekonomi nasional khususnya lewat sektor ecotourism dan UMKM,” ujar Menteri Sandi.

Sepanjang acara, pengunjung dihibur mulai dari tampilan Banyuwangi the Sunrise of Java binaan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan Paguyuban Citra dari Indonesia, hingga tari Saman, Enggang Balian dan musik Sumatera Utara oleh diaspora Indonesia di Inggris.

Talenta Indonesia yang merupakan kontestan di Britain's Got Talent, dr Bambang Trytia Atmaja dan Ana Aldiana turut tampil menghangatkan cuaca.

Acara semakin meriah dengan penampilan Dewi Gita yang ajak pengunjung joget bersama berbagai komunitas masyarakat di Inggris.

Di sela-sela acara panggung, pengunjung juga bisa puas berbelanja di gerai mini market dan produk kerajinan berkelanjutan yang diisi oleh Alleira Batik, Kalianda tapis Lampung serta produk tas kulit asal Garut Wiesnwitz.

Puncaknya, para pengunjung yang beruntung membawa pulang hadiah grandprize tiket penerbangan London-Bali pp persembahan Wonderful Indonesia Kemenparekraf, Amsterdam-Bali pp persembahan Garuda Indonesia serta voucher menginap di resort Bali dan Labuan Bajo.

Sebagai hasil konkret, Dubes Desra juga menyaksikan penandatanganan kesepakatan kerja sama pendirian Restoran Toba, restoran Indonesia binaan UMKM di Inggris yang akan resmi beroperasi mulai Februari 2023 di area premium Piccadilly di tengah kota London.

"Experience Indonesia menjadi platform untuk penguatan promosi Indonesia di UK, yang diharapkan dapat hasilkan manfaat ekonomi secara nyata khususnya bagi UMKM. Semakin banyaknya restoran Indonesia di London juga akan mendukung program pemerintah Indonesia Spice Up the World untuk memperkenalkan kekayaan kuliner tanah air untuk dunia,” ungkap Desra.

Dia menambahkan, “Dengan suksesnya acara Experience Indonesia tahun ini, diharapkan kegiatan ini dapat menjadi flagship tahunan KBRI.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2024 seconds (0.1#10.140)