Rusia Serukan 4 Kekuatan Nuklir Lainnya Cegah Perang Bom Atom

Kamis, 03 November 2022 - 07:06 WIB
loading...
A A A
Menanggapi tuduhan Barat bahwa Rusia telah membuat ancaman untuk menggunakan senjata atom di Ukraina, Kementerian Luar Negeri-nya mengatakan bahwa keadaan di mana Moskow dapat menggunakan senjata semacam itu sangat jelas diuraikan, murni bersifat defensif, dan tidak memungkinkan untuk interpretasi yang luas.

“Penggunaan senjata nuklir oleh Rusia secara hipotetis diperbolehkan hanya sebagai tanggapan atas agresi yang dilakukan dengan penggunaan WMD, atau agresi dengan penggunaan senjata konvensional, ketika keberadaan negara terancam,” imbuh kementerian itu.

Pada hari Rabu, New York Times menerbitkan sebuahlaporan yang mengutip beberapa pejabat senior Amerika, yang mengeklaim beberapa jenderal Rusia telah mendiskusikan kapan dan bagaimana Moskow dapat menggunakan senjata nuklir taktis di Ukraina.

Menanggapi laporan ini, juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby mengatakan Amerika mempertimbangkan kemungkinan itu sangat prihatin dan menganggapnya serius, tetapi belum melihat indikasi apa pun bahwa Rusia sebenarnya bersiap untuk menggunakan senjata atom.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)