Jerman Peringatkan Serbia, Pilih Uni Eropa atau Rusia!

Rabu, 02 November 2022 - 17:30 WIB
loading...
Jerman Peringatkan Serbia, Pilih Uni Eropa atau Rusia!
Ilustrasi
A A A
BERLIN - Serbia harus memutuskan apakah ingin bergabung dengan Uni Eropa atau menjalin kemitraan dengan Rusia , kata Jerman kepada Beograd, Selasa (1/11/2022). Pernyataan itu dilontarkan Berlin dua hari sebelum 6 negara Balkan Barat dijadwalkan untuk membahas kerja sama yang lebih erat di Berlin.

"Kebutuhan untuk mengambil keputusan semakin meningkat mengingat perkembangan geopolitik," kata seorang perwakilan pemerintah Jerman, mengacu pada perang Rusia di Ukraina, seperti dikutip dari Reuters.



Serbia, yang dibom oleh NATO dua dekade lalu, tetapi sekarang berusaha untuk bergabung dengan Uni Eropa, telah lama berjuang untuk menyeimbangkan hubungan dekat secara historis dengan Rusia dengan aspirasi untuk integrasi ekonomi dan politik dengan Barat.

Kesepakatan antara Serbia dan Rusia tentang peningkatan kerja sama telah disambut dengan kejutan dan kekecewaan, dan tidak sesuai dengan harapan bahwa kandidat aksesi UE juga harus mengadopsi sanksi UE terhadap Rusia, kata perwakilan itu.

Serbia, kandidat aksesi sejak 2012, memutuskan pada bulan September untuk mengadakan konsultasi kebijakan luar negeri reguler tentang kegiatan bilateral dan multilateral dengan Rusia. Langkah itu memicu kritik keras dari UE.



“Seseorang mendapat kesan bahwa Presiden Serbia Aleksandar Vucic sangat menyadari posisi pendulumnya,” kata perwakilan pemerintah Jerman.

“Jika dia memutuskan untuk memimpin negaranya ke arah Uni Eropa, dia mendapat dukungan dari pemerintah Jerman. Jika dia memutuskan untuk pergi ke arah lain, ini akan memiliki konsekuensi sebaliknya," lanjutnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1180 seconds (0.1#10.140)