Perdana Menteri yang Bersahabat dengan Negara Indonesia

Rabu, 26 Oktober 2022 - 16:20 WIB
loading...
Perdana Menteri yang Bersahabat dengan Negara Indonesia
Perdana Menteri yang Bersahabat dengan Negara Indonesia. FOTO/Setkab
A A A
JAKARTA - Hubungan antara Indonesia dan negara-negara lainnya perlu dijalin dengan baik. Hal ini untuk mencegah terjadinya konflik serta saling memenuhi kebutuhan antarnegara.

Sejumlah pemimpin negara juga pernah melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Terdapat beberapa perdana menteri yang bersahabat dengan Indonesia.



1. Perdana Menteri Palestina

Perdana Menteri (PM) Palestina Mohammad IM Shtayyeh melakukan kunjungan negara ke Indonesia pada Senin (24/10/2022). Pada kesempatan itu, PM Palestina bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Jokowi menerima kunjungan PM Palestina di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Pertemuan keduanya diawali dengan penyambutan resmi. Kemudian Jokowi bersama Shtayyeh melakukan veranda talk hingga penanaman pohon. Setelah itu, keduanya melakukan pertemuan bilateral. Pada kesempatan itu, Jokowi mengatakan bahwa Indonesia akan tetap mendukung perjuangan rakyat Palestina. Pertemuan antara kedua negara ini juga untuk mempererat bilateral Indonesia dan Palestina.

2. Perdana Menteri Singapura

Pada 2017, Presiden Indonesia Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong melakukan penandatanganan sampul hari pertama penerbitan seri prangko bersama. Rilis prangko tersebut dilakukan di Ruang Serbaguna Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta.

Kerja sama diplomatik Indonesia dan Singapura sudah berlangsung sejak penandatanganan Joint Communique oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Adam Malik serta Menteri Luar Negeri Singapura S Rajaratnam pada 7 September 1967.

Dua tahun kemudian, Presiden Indonesia Jokowi dan PM Singapura Lee Hsien Loong memperkuat kerja sama di bidang ekonomi. Keduanya melakukan pertemuan di The Istana, Singapura pada 8 Oktober 2019.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)