Medvedev: Tercepat Hancurkan Keuangan Nasional, Truss Harus Dapat Nobel Ekonomi

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 21:29 WIB
loading...
Medvedev: Tercepat Hancurkan Keuangan Nasional, Truss Harus Dapat Nobel Ekonomi
Perdana Menteri Inggris Liz Truss memberikan pernyataan pengunduran diri di luar gedung Number 10 Downing Street, London, Inggris 20 Oktober 2022. Foto/REUTERS/Toby Melville
A A A
LONDON - Mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev bergabung dengan kelompok kritikus Perdana Menteri (PM) Inggris Liz Truss yang baru saja mengundurkan diri.

Truss mundur terkait dampak kebijakan yang diusulkannya terhadap keadaan ekonomi negara yang memburuk.

“Perdana menteri yang panik itu layak menerima Hadiah Nobel di bidang ekonomi untuk kehancuran keuangan nasional tercepat yang pernah ada," canda Medvedev di media sosial pada Kamis (20/10/2022).

Pernyataan itu muncul sebagai bagian dari komentar tentang apa yang dilihat Medvedev sebagai kualifikasi buruk para pemimpin Eropa modern untuk pemerintahan.



Pemerintahan Truss mendapat kecaman setelah usulan perubahan kebijakan neoliberal radikal yang ditulis mantan menteri keuangan Kwasi Kwarteng hingga membuat pasar keuangan Inggris berantakan dan menyebabkan devaluasi tajam mata uang nasional.

Kwarteng dipecat dan digantikan Jumat lalu oleh Jeremy Hunt, yang memutarbalikkan gagasan pengurangan pajak untuk memulai mendorong ekonomi, sementara juga meningkatkan pengeluaran pemerintah untuk mengurangi dampak krisis energi global.

Ketika peringkat persetujuannya jatuh, beberapa anggota parlemen Tory mendesak Truss untuk mengundurkan diri.



Dia sempat menolak untuk melakukannya, mengatakan kepada BBC pekan ini bahwa dia akan "bertahan."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1049 seconds (0.1#10.140)