Iran Sangkal Pasok Senjata ke Rusia

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 14:14 WIB
loading...
Iran Sangkal Pasok Senjata ke Rusia
Iran menyangkal telah memasok drone dan rudal ke Rusia untuk digunakan menggempur Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
TEHERAN - Iran belum memasok Rusia dengan senjata untuk digunakan melawan Ukraina. Hal itu ditegaskan oleh Menteri Luar Negeri kepada Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa (UE).

Sebelumnya, blok negara-negara Eropa itu telah menyetujui langkah-langkah baru terhadap Iran karena telah memasok drone ke Rusia.

“Klaim bahwa Iran telah mengirim rudal ke Rusia untuk digunakan melawan Ukraina adalah tidak berdasar,” kata Hossein Amir-Abdollahian kepada Josep Borell melalui telepon, seperti dilaporkan media pemerintah Iran.



“Kami memiliki kerja sama pertahanan dengan Rusia tetapi mengirim senjata dan pesawat tak berawak untuk digunakan melawan Ukraina bukanlah kebijakan kami,” kata diplomat top Iran itu seperti dilansir dari Al Arabiya, Jumat (21/10/2022).

Sebelumnya pada hari Kamis, kepresidenan UE Ceko mengatakan dalam sebuah tweet bahwa duta besar UE menyetujui tindakan terhadap entitas yang memasok drone Iran yang menghantam Ukraina.



Ukraina mengatakan pada hari Rabu bahwa militernya telah menembak jatuh lebih dari 220 drone buatan Iran sejak 13 September.

“Sejak pertama kali jatuhnya drone kamikaze Shahed-136 buatan Iran di wilayah Ukraina pada 13 September, Angkatan Udara dan komponen lain dari Pasukan Pertahanan Ukraina telah menghancurkan 223 UAV jenis ini,” kata militer Ukraina dalam sebuah pernyataan.

Iran sendiri telah membantah memasok senjata ke Rusia untuk digunakan melawan Ukraina, tetapi tidak membantah penjualan senjata ke Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)