Miliarder AS Kembali Usulkan Proposal Perdamaian untuk Ukraina dan Rusia

Kamis, 20 Oktober 2022 - 13:27 WIB
loading...
Miliarder AS Kembali Usulkan Proposal Perdamaian untuk Ukraina dan Rusia
Manajer dana lindung nilai miliarder Amerika Serikat (AS) Bill Ackman. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Ukraina harus mengakui Crimea sebagai bagian dari Rusia dan menolak tawarannya untuk bergabung dengan NATO demi perdamaian.

Ide itu diungkapkan manajer dana lindung nilai miliarder Amerika Serikat (AS) Bill Ackman.

Seperti halnya CEO SpaceX dan Tesla Elon Musk sebelumnya, Ackman segera dikritik secara online karena menyarankan Kiev harus siap membuat konsesi untuk mengakhiri permusuhan.

“Crimea adalah bagian dari Rusia sampai tahun 1954 dan sebagian besar terdiri dari etnis Rusia, yang tampaknya mengapa dunia tidak berbuat banyak ketika Rusia mencaploknya kembali pada 2014,” ujar Ackman, CEO Pershing Square Capital Management, mentweet pada Senin.



Dia menambahkan perbatasan harus kembali ke tempat semula sebelum 24 Februari, ketika Rusia meluncurkan operasi militernya di negara tetangga dan sebelum empat bekas wilayah Ukraina memilih bergabung dengan Rusia.

Dia menambahkan Barat kemudian harus membantu Kiev dengan pemulihannya, sementara negara itu harus tetap berada di luar NATO.

“Ribuan nyawa akan diselamatkan dan sumber daya dapat diinvestasikan untuk membangun kembali (Ukraina) daripada dalam perang yang hanya akan menyebabkan lebih banyak kehancuran dan kematian,” tulis miliarder itu.



Dia menambahkan, “Jika ada jalan yang layak menuju perdamaian, kita harus mengejarnya. Setiap hari konflik berlanjut, risiko bagi dunia meningkat.”

Setelah menerima kritik online, Ackman mengklarifikasi pendiriannya pada Selasa. “Kemarin, saya menyarankan bahwa penyelesaian damai yang wajar mungkin adalah kembali ke perbatasan pada (24 Februari), Rencana Marshall untuk membangun kembali (Ukraina), dan keputusan (Ukraina) untuk tidak bergabung dengan NATO. Kemudian pisau keluar. Saya dituduh sebagai penolong dan lebih buruk,” tulis dia.

“Saya bertanya: apakah (Ukraina) lebih baik dalam perang berkepanjangan yang berlanjut yang menyebabkan 1.000 lebih kematian (Ukraina) dan meratakan negara atau apakah semacam penyelesaian yang dinegosiasikan masuk akal? … Saya sama sekali bukan ahli. Saya sedih melihat kematian dan kehancuran tanpa tanggal akhir yang jelas atau kesempatan untuk resolusi,” ungkap dia.

“Dalam penyelesaian yang dirundingkan, kedua belah pihak harus mengakui sesuatu atau tidak ada kesempatan untuk penyelesaian. Apa yang paling tidak dapat diterima oleh kedua belah pihak yang dapat diterima oleh keduanya? Apa yang saya lewatkan dalam analisis saya? Apa ide yang lebih baik yang Anda miliki?” bantah Ackman.

Komentar Ackman datang ketika lebih banyak tokoh masyarakat di Barat telah membuat saran untuk kemungkinan kesepakatan damai antara Rusia dan Ukraina.

Kapitalis ventura dan pengusaha teknologi David Sacks mentweet pada Minggu bahwa AS harus mengusulkan gencatan senjata berdasarkan garis 23 Februari dan menjamin Ukraina tidak akan bergabung dengan NATO.

Musk menawarkan visinya sendiri tentang penyelesaian damai bulan ini, yang mencakup Ukraina yang mengakui Crimea sebagai wilayah Rusia.

Pejabat Kiev dan Barat dengan cepat mengecam Musk atas apa yang mereka anggap sebagai rencana yang sangat menguntungkan Moskow.

Negara-negara Barat tampaknya lebih suka melihat perang terus berlanjut antara Ukraina dan Rusia.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1545 seconds (0.1#10.140)