Polisi RI Tangkap 2 Menteri Separatis Papua Barat, Benny Wenda Marah

Selasa, 18 Oktober 2022 - 12:18 WIB
loading...
Polisi RI Tangkap 2 Menteri Separatis Papua Barat, Benny Wenda Marah
Benny Wenda, pentolan separatis Papua Barat yang bersembunyi di Oxford, Inggris, marah setelah tiga anak buahnya ditangkap polisi Indonesia. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Benny Wenda , presiden sementara Gerakan Pembebasan Papua Barat (United Liberation Movement for West Papua/ULMWP), marah setelah para menteri kelompok separatis itu ditangkap polisi Indonesia.

Dalam sebuah pernyataan, Wenda mengatakan polisi Indonesia telah menangkap Buchtar Tabuni, salah satu pemimpin ULMWP, bersama dengan 2 menteri ULMWP lainnya.

Menurut Wenda, Indonesia sekali lagi menekan kebebasan berekspresi dan berkumpul di Papua Barat dalam upaya untuk menghancurkan semangat ULMWP.

Buchtar Tabuni adalah Ketua Dewan Papua Barat dan anggota Komite Dewan ULMWP.



Wenda mengatakan Tabuni ditangkap bersama Menteri Politik Bazoka Logo, dan Menteri Urusan Perempuan dan Anak Iche Murib.

"Ketiganya ditangkap di rumah Tabuni di Jayapura, setelah pertemuan tahunan ULMWP, dan diinterogasi di kantor polisi terdekat. Apa kejahatan mereka?" kata Wenda dalam pernyataan yang diunggah di situs ULMWP, Senin (17/10/2022).

Setiap tahun, Parlemen Nasional ULMWP bertemu untuk berbagi informasi tentang peristiwa di daerah mereka dan mendiskusikan situasi perlawanan mereka terhadap Indonesia.

"Orang Papua Barat memiliki hak, di bawah hukum internasional, untuk memobilisasi secara damai untuk kemerdekaan kita," kata pemimpin separatis yang tinggal di Inggris tersebut.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2167 seconds (0.1#10.140)