Naik Kereta, Pasukan Rusia Tiba di Belarusia

Minggu, 16 Oktober 2022 - 00:45 WIB
loading...
Naik Kereta, Pasukan Rusia Tiba di Belarusia
Dua tentara saling memberikan hormat saat bertemu di Belarusia. Foto/Belarusian Defense Ministry
A A A
MINSK - Kereta pertama yang membawa tentara Rusia ke Belarusia telah mencapai tujuan mereka. Kementerian Pertahanan (Kemhan) Belarusia mengumumkan hal itu pada Sabtu (16/10/2022).

Ini terjadi setelah Moskow dan Minsk sepakat awal pekan ini untuk mengerahkan pasukan gabungan sebagai tanggapan atas peningkatan aktivitas militer NATO di perbatasan Belarusia.

Kemhan Belarusia mengatakan, "Keputusan membuat pengelompokan pasukan regional telah diambil dan dilaksanakan semata-mata untuk mempertahankan perbatasan Negara Kesatuan di tengah aktivitas yang sedang berlangsung di daerah perbatasan."

Baca juga: Putin: Para Pemimpin Jerman Lebih Peduli NATO daripada Rakyat Sendiri

Didirikan pada tahun 1999, Union State adalah organisasi yang terdiri dari Rusia dan Belarusia serta berusaha mempromosikan kerja sama antara kedua negara.

Pasukan Rusia telah tiba di negara tetangga itu setelah Presiden Belarusia Alexander Lukashenko mengumumkan pekan ini bahwa Moskow dan Minsk telah setuju mengerahkan pasukan sekutu di tanah Belarusia.

Langkah itu, katanya, datang sebagai tanggapan atas meningkatnya agresi dari Kiev dan Barat.

Baca juga: Merkel Bela Kesepakatan Gas Rusia yang Sangat Rasional

Pada saat itu, dia juga menjelaskan bahwa mengingat konflik militer yang sedang berlangsung antara Rusia dan Ukraina, “sekitar 70.000” anggota layanan Belarusia akan menjadi bagian terbesar dari pasukan.

Dia menambahkan, bagaimanapun akan ada “lebih dari seribu tentara Rusia.”
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1595 seconds (10.101#12.26)