Uni Eropa: NATO Akan Lenyapkan Pasukan Rusia Jika Putin Gunakan Nuklir

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 07:44 WIB
loading...
Uni Eropa: NATO Akan Lenyapkan Pasukan Rusia Jika Putin Gunakan Nuklir
Uni Eropa memperingatkan Moskow bahwa pasukannya akan dilenyapkan NATO jika Rusia menggunakan senjata nuklir di Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
BRUSSELS - Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa (UE) Josep Borrell memperingatkan Moskow bahwa pasukannya akan dilenyapkan oleh respons militer NATO jika Presiden Vladimir Putin menggunakan senjata nuklir di Ukraina .

“Putin mengatakan dia tidak menggertak. Ya, dia tidak mampu menggertak, dan harus jelas bahwa orang-orang yang mendukung Ukraina dan Uni Eropa dan negara-negara Anggota, dan Amerika Serikat dan NATO juga tidak menggertak,” kata Borrell pada pembukaan Diplomatic Academy di Brussels, Kamis.

“Setiap serangan nuklir terhadap Ukraina akan menciptakan jawaban, bukan jawaban nuklir tetapi jawaban yang sangat kuat dari pihak militer sehingga Angkan Bersenjata Rusia akan dilenyapkan," lanjut Borrell, seperti dikutip AFP, Jumat (14/10/2022).



Kekhawatiran bahwa Moskow dapat menggunakan senjata nuklir taktis di Ukraina telah tumbuh setelah Putin mengeluarkan ancaman terselubung saat dia melakukan pencaplokan empat wilayah Ukraina yang telah diduduki.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg telah memperingatkan Rusia bahwa mereka menghadapi konsekuensi berat jika meluncurkan serangan nuklir ke tetangganya yang pro-Barat.

“Akan ada respons tajam—hampir pasti menarik respons fisik dari banyak sekutu, dan berpotensi dari NATO sendiri,” kata seorang pejabat senior NATO.

Namun aliansi tersebut telah berhenti mengancam untuk menggunakan persenjataan nuklirnya untuk merespons karena Ukraina bukan anggota aliansi sehingga tidak tercakup dalam klausul pertahanan diri yang dikenal sebagai Pasal 5 NATO.

AS dan NATO sejauh ini menghindari intervensi militer dalam konflik Ukraina karena takut memicu konflik nuklir dengan Moskow.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1150 seconds (0.1#10.140)