Zelensky: Drone dan Rudal Iran Digunakan dalam Serangan Rusia ke Ukraina

Senin, 10 Oktober 2022 - 23:01 WIB
loading...
Zelensky: Drone dan Rudal Iran Digunakan dalam Serangan Rusia ke Ukraina
Zelensky: Drone dan Rudal Iran Digunakan dalam Serangan Rusia ke Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, drone dan rudal buatan Iran digunakan oleh pasukan Rusia pada Senin (10/10/2022) dalam penembakan berat yang menargetkan infrastruktur energi di beberapa kota pagi ini.

Dalam pesan video yang diposting di akun Facebook-nya, Zelensky berkata, “Pagi ini sulit. Kita berurusan dengan teroris. Lusinan rudal, "Shaheds" Iran.



Zelenksy menuduh Rusia menargetkan infrastruktur energi Ukraina selama serangan itu. “Mereka menginginkan kepanikan dan kekacauan, mereka ingin menghancurkan sistem energi kita. Mereka tidak bisa diperbaiki,” kata Zelenksy, seperti dikutip dari Reuters.

“Target kedua adalah orang-orang. Waktu dan tujuan seperti itu dipilih secara khusus untuk menyebabkan kerusakan sebanyak mungkin,” lanjutnya.

Rusia membom kota-kota di seluruh Ukraina selama jam sibuk pada Senin pagi, menewaskan warga sipil dan menghancurkan infrastruktur dalam serangan balas dendam yang jelas setelah Presiden Vladimir Putin menyatakan ledakan di jembatan ke Krimea sebagai serangan teroris.

Hujan rudal dilaporkan merobek Kiev, yang menjadi serangan paling intens di ibu kota sejak Rusia mengabaikan upaya untuk merebutnya pada minggu-minggu awal perang. Ledakan juga dilaporkan terjadi di Lviv, Ternopil dan Zhytomyr di barat Ukraina, Dnipro dan Kremenchuk di Ukraina tengah, Zaporizhzhia di selatan dan Kharkiv di timur.



Seorang saksi di wilayah Belgorod Rusia dekat perbatasan Ukraina juga mendengar ledakan dari daerah perbatasan. Di Kiev, serangan terjadi di jantung pusat kota yang sibuk. Tubuh seorang pria dengan celana jins tergeletak di sebuah jalan di persimpangan utama, dikelilingi oleh mobil-mobil yang menyala-nyala.

Di sebuah taman, seorang tentara memotong pakaian seorang wanita yang berbaring di rumput untuk mencoba mengobati luka-lukanya. Wanita lain berdarah di dekatnya. Polisi kota mengatakan sedikitnya lima orang tewas dan 12 luka-luka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)