Presiden Lebanon Menyetujui Kesepakatan Maritim dengan Israel

Selasa, 11 Oktober 2022 - 19:43 WIB
loading...
Presiden Lebanon Menyetujui Kesepakatan Maritim dengan Israel
Presiden Lebanon Michael Aom menyetujui kesepakatan maritim dengan Israel. Foto/Ilustrasi/Al Araby
A A A
BEIRUT - Presiden Lebanon Michel Aoun menyetujui kesepakatan akhir dari kesepakatan yang akan menyelesaikan perbatasan laut dengan Israel. Kesepakatan ini berpotensi menyelesaikan konflik selama satu dekade antara kedua negara.

"Versi terakhir dari tawaran itu memenuhi (keinginan) Lebanon, memenuhi tuntutannya dan mempertahankan haknya atas kekayaan alam," kata Kantor Informasi Kepresidenan Lebanon seperti dikutip dari Al Araby, Selasa (11/10/2022).

Kesepakatan itu akan membuka jalan bagi eksplorasi gas yang menurut para ahli merupakan cadangan lepas pantai yang berpotensi mengandung miliaran gas alam.

Menurut media pemerintah, saat Aoun meninjau persyaratan kesepakatan, eksekutif dari konglomerat energi Prancis TotalEnergies tiba di Beirut.



"TotalEnergies akan mulai mengeksplorasi gas di lepas pantai Lebanon setelah kesepakatan maritim ditandatangani," kata Menteri Energi Lebanon Walid Fayyad.

"Lebanon akan menjadi negara petro," tambah Fayyad.

Baik Israel dan Lebanon puas dengan ketentuan perjanjian, dengan pejabat Israel mengatakan perjanjian itu melindungi kepentingan keamanan Israel dan siap untuk "perjanjian bersejarah."

Bulan-bulan sebelumnya terlihat kesibukan diplomasi bolak-balik antara kedua negara, yang difasilitasi oleh Utusan Energi Amerika Serikat (AS) Amos Hochstein.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1589 seconds (0.1#10.140)