Ukraina Dibombardir Rusia, Biden Janji Kirim Sistem Pertahanan Udara Canggih

Selasa, 11 Oktober 2022 - 16:14 WIB
loading...
Ukraina Dibombardir Rusia, Biden Janji Kirim Sistem Pertahanan Udara Canggih
Presiden AS Joe Biden bersumpah akan mengirimkan Ukraina sistem pertahanan udara canggih setelah dibombardir Rusia. Foto/New York Times
A A A
WASHINGTON - Presiden Joe Biden berjanji kepada koleganya Presiden Volodomyr Zelensky bahwa Amerika Serikat (AS) akan memberikan Ukraina sistem udara canggih setelah serangan rudal yang menghancurkan dari Rusia.

Berbicara melalui sambungan telepon dengan Zelensky, Bieden memberikan jaminan tentang dukungan berkelanjutan AS dan mengutuk serangan tidak masuk akal Rusia yang menghantam sasaran sipil.

"Presiden Biden berjanji untuk terus memberikan dukungan yang dibutuhkan Ukraina untuk mempertahankan diri, termasuk sistem pertahanan udara canggih," bunyi pernyataan yang dikeluarkan Gedung Putih melalui panggilan telepon.



"Presiden Biden juga mengatakan kepada Presiden Zelensky bahwa Amerika Serikat dan sekutu serta mitranya akan terus memberikan tekanan pada Rusia, meminta pertanggungjawaban Rusia atas kejahatan dan kekejaman perangnya, dan memberi Ukraina bantuan keamanan, ekonomi, dan kemanusiaan," sambung Gedung Putih seperti dikutip dari Reuters, Selasa (11/10/2022).

AS telah memberikan bantuan keamanan senilai lebih dari USD16,8 miliar sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari dan memberlakukan berbagai sanksi ekonomi terhadap Moskow atas tindakannya di Ukraina.

Setelah terpukul di sejumlah besar front Timur dan Selatan, Presiden Rusia Vladimir Putin sengaja mengubah taktik perang dan menggunakan teror sebagai senjata.

Puncak serangan rudal di Kiev terjadi ketika transportasi dan metro penuh sesak, orang-orang pergi bekerja.



Tercatat lebih dari 100 rudal dan drone kamikaze dikirimkan Moskow pada Senin 10 Oktober 2022, pagi hari waktu setempat menghujani masyarakat sipil di Ibukota Kyiv. Belasan infrastruktur rusak dan mengakibatkan korban jiwa dan luka-luka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1961 seconds (0.1#10.140)