Lagi, Kuburan Massal Ditemukan di Kota yang Direbut Ukraina dari Rusia

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 16:24 WIB
loading...
Lagi, Kuburan Massal Ditemukan di Kota yang Direbut Ukraina dari Rusia
Dua situs kuburan, salah satunya kuburan massal, ditemukan kota Lyman, Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Dua situs kuburan telah ditemukan di kota Lyman, Ukraina timur, di mana salah satunya adalah kuburan massal. Hal itu diungkapkan gubernur wilayah Donetsk, Pavlo Kyrylenko, dalam postingannya di Telegram.

Lyman berhasil direbut pasukan Ukraina dari dari kendali Rusia pada minggu lalu.

Menurut Kyrylenko satu situs berisi sekitar 200 kuburan individu, dan pihak berwenang yakin mereka semua adalah warga sipil.

"Situs lainnya adalah kuburan massal yang mungkin berisi mayat anggota militer dan warga sipil Ukraina. Jumlah pasti mayat di kedua situs kuburan tidak diketahui," kata Kyrylenko seperti dikutip dari CBS News, Sabtu (8/10/2022).



Pada 1 Oktober, Rusia menarik pasukannya dari Lyman setelah kota itu dikepung oleh pasukan Ukraina, yang telah berhasil melakukan serangan balasan untuk merebut kembali wilayahnya.

Seorang pejabat Ukraina juga mengatakan sedikitnya mayat 530 orang telah ditemukan di daerah yang direbut kembali di wilayah Kharkiv sejak 7 September.

Wakil Menteri Dalam Negeri Pertama Ukraina Yevhen Yenin mengatakan pada hari Jumat mayat-mayat itu termasuk 225 wanita, 257 pria dan 19 anak-anak, sementara 29 mayat belum diidentifikasi.

Sekitar 447 mayat ditemukan di kuburan massal di kota Izium. Yenin mengatakan para ahli forensik telah menemukan indikasi kematian dengan kekerasan di sejumlah besar tubuh, termasuk tanda-tanda penyiksaan.

Menurut Yenin, beberapa tubuh terdapat tali di leher mereka, tangan diikat ke belakang, luka tembak di lutut, dan tulang rusuk patah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1976 seconds (0.1#10.140)