Kremlin Tuduh Zelensky Coba Picu Perang Dunia III

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 05:27 WIB
loading...
Kremlin Tuduh Zelensky Coba Picu Perang Dunia III
Kremlin menuduh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky coba memicu Perang Dunia III dengan menyerukan NATO untuk menyerang Rusia. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Kremlin menuduh Presiden Ukraina Vladimir Zelensky mencoba memicu perang dunia ketiga, setelah dia menuntut agar NATO melakukan serangan preventif terhadap Rusia untuk mencegah penggunaan senjata nuklir.

Sebelumnya, berbicara kepada Australian Lowy Institute pada hari Kamis, Zelensky menyatakan bahwa NATO harus memastikan Moskow tidak menggunakan nuklir untuk melawan pasukan Kiev. Untuk melakukan ini, dia meminta blok militer pimpinan Amerika Serikat (AS) itu dan komunitas internasional untuk melakukan serangan preventif terhadap Rusia sehingga Moskow "tahu apa yang menanti" jika memutuskan untuk menggunakannya.

“Apa yang harus NATO lakukan? Hilangkan kemungkinan Rusia menggunakan senjata nuklir,” kata Zelensky selama konferensi online.

“Saya sekali lagi mengimbau masyarakat internasional, seperti sebelum 24 Februari: serangan pendahuluan sehingga mereka (Rusia) tahu apa yang akan terjadi pada mereka jika mereka menggunakannya, dan bukan sebaliknya,” imbuhnya.

Moskow mengecam saran Zelensky, dengan juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada Sputnik bahwa pernyataan Zelensky tentang "serangan preventif" terhadap Rusia tidak dapat diabaikan oleh komunitas internasional, karena mereka tidak kekurangan seruan untuk memulai Perang Dunia yang akan membawa dampak bencana.

Peskov menekankan bahwa AS dan Inggris, yang "secara de facto menjalankan Kiev," harus bertanggung jawab atas pernyataan Zelensky.



"Ini adalah negara-negara (AS dan Inggris) yang secara de facto mengarahkan (Kiev), mengelola kegiatan (nya) dan berbicara tentang niat (mereka) untuk mempertahankan (Ukraina) sampai akhir. Oleh karena itu, mereka bertanggung jawab dan harus dimintai pertanggungjawaban atas tindakan dan pernyataan orang ini dan rezim ini," kata juru bicara Kremlin itu seperti dilansir dari Sputnik, Jumat (7/10/2022).

Kementerian Luar Negeri Rusia juga menuduh Zelensky mencoba memprovokasi perang nuklir. Juru bicara kementerian itu, Maria Zakharova, menyebut Zelensky sebagai pemimpin boneka yang tidak stabil dan telah berubah menjadi monster.

"Setiap orang di planet ini harus menyadari bahwa Zelensky, boneka dan karakter tidak stabil yang telah dipompa dengan senjata, telah berubah menjadi monster, yang dapat digunakan untuk menghancurkan planet ini," tulis Zakharova di saluran Telegramnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)