Tiru Trik Putin, Ceko Didesak Caplok Kaliningrad dari Rusia

Kamis, 06 Oktober 2022 - 08:23 WIB
loading...
Tiru Trik Putin, Ceko Didesak Caplok Kaliningrad dari Rusia
Republik Ceko didesak mencaplok Kaliningrad dari Rusia dengan meniru cara Presiden Vladimir Putin dalam mencaplok wilayah Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
PRAHA - Masyarakat Republik Ceko mendesak pemerintahnya untuk mencaplok Kaliningrad dari Rusia .

Mereka, dengan bercanda, mengeklaim seruan itu untuk meniru cara pemimpin Kremlin, Presiden Vladimir Putin , dalam mencaplok wilayah-wilayah Ukraina .

Sekarang muncul petisi satire yang diluncurkan oleh orang-orang Ceko untuk mendukung aneksasi Kaliningrad, di mana lebih dari 13.000 orang telah menandatanganinya.

Kaliningrad—dikenal sebagai Kralovec dalam bahasa Ceko—berada 412 mil di sebelah barat Rusia, diapit oleh Polandia dan Lithuania.

Baca juga: Desak Putin Perang Nuklir, Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov Jadi Jenderal

Kota itu awalnya didirikan pada abad ke-13 oleh ksatria Teutonik dan juga dikenal sebagai Konigsberg, atau King's Rock. Seiring waktu berjalan, Kaliningrad kemudian menjadi Ibu Kota Prusia, dan kemudian menjadi milik Polandia, Jerman, Uni Soviet, dan sekarang ini menjadi milik Rusia.

Selama Perang Dunia II, Kaliningrad, yang telah menjadi bagian dari Jerman sampai saat itu, dan merupakan salah satu kota terpentingnya, direbut oleh Joseph Stalin dari Adolf Hitler.

Pada Konferensi Potsdam tahun 1945, pihak Sekutu setuju untuk memberikan wilayah tersebut kepada Uni Soviet.

Setelah runtuhnya Uni Soviet, Kaliningrad menjadi eksklave Federasi Rusia, menjadi cukup terisolasi di wilayah tersebut ketika negara-negara Baltik bergabung dengan Uni Eropa pada tahun 2004.

Petisi yang diluncurkan oleh orang-orang Ceko mengeklaim sudah waktunya bagi Rusia untuk mengembalikan Kaliningrad kepada Republik Ceko, menurut logika yang sama yang digunakan Kremlin untuk mencaplok wilayah-wilayah Ukraina.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1163 seconds (10.177#12.26)