Korut Tembakkan 2 Rudal Balistik, AS dan China Saling Menyalahkan

Kamis, 06 Oktober 2022 - 07:11 WIB
loading...
Korut Tembakkan 2 Rudal Balistik, AS dan China Saling Menyalahkan
Korea Utara menembakkan dua rudal balistik ke wilayah timur Semenanjung Korea, Kamis (6/10/2022). AS dan China saling menyalahkan atas semakin beraninya Pyongyang. Foto/REUTERS
A A A
PYONGYANG - Korea Utara (Korut) telah menembakkan dua rudal balistik jarak pendek ke perairan lepas pantai timur Semenanjung Korea, Kamis (6/10/2022) pagi.

Negara yang dipimpin Kim Jong-un itu semakin berani unjuk kekuatan sebagai respons atas latihan militer gabungan Amerika Serikat (AS), Korea Selatan, dan Jepang yang melibatkan kapal induk bertenaga nuklir.

Mengutip CNN, Pyongyang pada hari Kamis menuduh AS berkontribusi terhadap ketegangan di sekitar Semenanjung Korea. Sekutu China tersebut mengeklaim peluncuran rudalnya sebagai reaksi atas situasi yang terjadi di kawasan sekitar.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan melaporkan dua misil yang ditembakkan dari sebuah wilayah Samsok di Pyongyang, Ibu Kota Korea Utara.

Baca juga: Korut Tembakkan Rudal Balistik, Jepang Perintahkan Warganya Berlindung

Itu menjadi tembakan rudal balistik keenam Korea Utara dalam dua minggu terakhir.

Pada Selasa lalu, militer Korea Utara juga menembakkan rudal balistik tanpa peringatan ke wilayah Jepang—yang pertama dalam lima tahun—mendorong Tokyo untuk mendesak penduduk untuk berlindung.

Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan merespons dengan menembakkan rudal dan latihan militer di sekitar Semenanjung Korea pada hari Selasa dan Rabu.

Bulan lalu, Angkatan Laut AS, Jepang, dan Korea Selatan melakukan latihan anti-kapal selam gabungan di perairan internasional di lepas pantai timur Semenanjung Korea untuk meningkatkan kemampuan respons terhadap ancaman kapal selam Korea Utara.

Menurut Angkatan Laut Korea Selatan, kapal induk USS Ronald Reagan dan kelompok penyerangnya serta kapal perusak Korea Selatan dan Jepang terlibat dalam latihan gabungan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1142 seconds (10.101#12.26)