Dua Menteri Jerman Bertengkar Soal Perang dengan Rusia

Rabu, 05 Oktober 2022 - 14:01 WIB
loading...
Dua Menteri Jerman Bertengkar Soal Perang dengan Rusia
Amunisi untuk howitzer terlihat selama pelatihan di pangkalan militer di Munster, Jerman, 10 Mei 2022. Foto/REUTERS/Fabian Bimmer
A A A
BERLIN - Dua menteri federal di pemerintahan Jerman memiliki pendapat berbeda mengenai apakah Jerman sedang berperang dengan Rusia.

Perbedaan pendapat yang menjadi pertengkaran di media sosial itu menjadi jelas setelah Menteri Kesehatan Jerman Karl Lauterbach mengklaim Berlin adalah negara yang berperang melawan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pada Sabtu (1/10/2022), Lauterbach turun ke Twitter, bertanya, "Serius: Apa yang di bumi harus berlutut di hadapan Putin sekarang?"

“Kita berperang dengan Putin dan bukan psikoterapisnya,” lanjut dia.



Dia bersikeras bahwa fokus Jerman harus memastikan kemenangan Ukraina di medan perang.

Menurut Lauterbach, "Apakah jiwa Putin dapat menangani itu tidak relevan."

Tweet itu muncul sebagai tanggapan atas saran yang dibuat sebelumnya oleh filsuf David Precht, yang berpendapat masing-masing negara anggota NATO harus memberi Rusia jaminan bahwa Ukraina tidak akan bergabung dengan aliansi militer.



Precht menyarankan hal ini akan membuka pintu bagi pembicaraan damai antara Moskow dan Kiev.

Menteri Pertahanan (Menhan) Jerman Christine Lambrecht, bagaimanapun, dengan cepat mendukung pernyataan rekannya.

Dia mengulangi, “Sangat jelas, baik untuk pemerintah federal Jerman dan untuk seluruh NATO, kita tidak akan menjadi pihak yang berperang.”

Tampil pada Minggu di saluran berita ARD Program Laporan dari Berlin, Lambrecht menekankan tidak membiarkan Jerman terseret ke dalam konflik Ukraina telah menjadi prinsip panduan Berlin sejak dimulainya serangan Rusia terhadap tetangganya.

"Dan tidak ada yang berubah dalam hal itu," tegas dia.

Menyusul kritik itu, Lauterbach mengklarifikasi pada Selasa bahwa dia benar-benar percaya bahwa Jerman “tentu saja bukan pihak dalam perang,” meskipun “sepenuhnya berdiri di pihak Ukraina,” termasuk berkaitan dengan pengiriman senjata.

Kebetulan, Menteri Keuangan Jerman Christian Lindner juga menggunakan kata-kata yang agak mirip dengan Lauterbach.

Pada Jumat, Lindner memposting tweet yang menunjukkan Jerman saat ini dalam "perang energi" yang menyerukan "strategi semua masuk."

Lindner menganjurkan memperpanjang umur operasional semua "pembangkit listrik tenaga nuklir yang tersedia" di negara itu untuk menjaga ekonominya tetap bertahan.

Para pejabat Rusia, merujuk konflik bersenjata yang sedang berlangsung dengan Ukraina sebagai “operasi militer khusus” dan bukan perang.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1706 seconds (0.1#10.140)