Lindungi Pengungsi Suriah, Angela Merkel Raih Penghargaan Nansen

Selasa, 04 Oktober 2022 - 23:21 WIB
loading...
Lindungi Pengungsi Suriah, Angela Merkel Raih Penghargaan Nansen
Pengungsi Suriah berfoto dengan Kanselir Jerman Angela Merkel di luar di distrik Spandau Berlin, Jerman, 10 September 2015. Foto/VOA
A A A
JENEWA - Mantan kanselir Jerman Angela Merkel meraih memenangkan penghargaan bergengsi, Nansen, dari badan pengungsi PBB UNHCR. Ia meraih penghargaan setelah menyediakan tempat berlindung bagi lebih dari 1,2 juta pengungsi dan pencari suaka yang melarikan diri dari kekerasan serta penganiayaan di Suriah.

Angela Merkel menyambut orang-orang yang putus asa di puncak konflik Suriah itu pada 2015 dan 2016, ketika negara-negara lain menolak mereka.

Dalam mengumumkan penghargaan tersebut, Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi Filippo Grandi mengatakan Merkel menunjukkan keberanian moral dan politik yang besar dengan membantu lebih dari satu juta pengungsi bertahan dan membangun kembali kehidupan mereka.

Baca: Tenar Jadi Pelakor di Inggris, Pengungsi Cantik Ukraina Pulang ke Negaranya

Juru bicara UNHCR Matthew Saltmarsh mengatakan Merkel telah membantu menyoroti penderitaan para pengungsi secara global. Dia mengatakan Merkel telah menunjukkan apa yang dapat dicapai ketika politisi bekerja untuk menemukan solusi untuk situasi yang menantang daripada mengalihkan tanggung jawab kepada orang lain.

“Selain melindungi orang-orang yang terpaksa melarikan diri dari perang, penganiayaan dan pelanggaran hak asasi manusia, mantan kanselir adalah kekuatan pendorong di belakang upaya kolektif Jerman untuk menerima mereka dan membantu mereka berintegrasi ke rumah baru mereka melalui program pendidikan dan pelatihan, skema pekerjaan, dan integrasi pasar tenaga kerja," kata Saltmarsh seperti dikutip dari VOA, Selasa (4/10/2022).

Penghargaan ini diambil dari nama penjelajah dan kemanusiaan asal Norwegia Fridtjof Nansen. Penghargaan ini diberikan kepada individu, kelompok atau organisasi yang telah melindungi pengungsi melampaui dan di atas panggilan tugasnya.

Baca: Raja Charles III Muncul Perdana di Hadapan Publik Usai Masa Berkabung Kerajaan

Panitia seleksi penghargaan juga telah memberikan penghargaan kepada empat pemenang regional. Mereka adalah kelompok pemadam kebakaran pengungsi semua sukarelawan di Mauritania di Afrika Barat; koperasi kakao pendukung pengungsi di Kosta Rika di Amerika; organisasi kemanusiaan Meikse Myanmar yang membantu pengungsi internal antara lain di Asia dan Pasifik; dan seorang ginekolog Irak yang memberikan perawatan medis dan psikologis kepada gadis-gadis serta wanita Yazidi di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Penghargaan Nansen akan diberikan kepada Merkel dan empat pemenang regional lainnya pada upacara di Jenewa 10 Oktober mendatang. Bagi Merkel, penghargaan tersebut memberikannya hadiah uang tunai sebesar USD150.000 atau sekitar Rp2,2 miliar. Sedangkan bagi pemenang regional masing-masing akan menerima USD50.000 (Rp759 juta).

Baca: Sifilis Mewabah di Eropa, Para Bintang Porno Ketakutan dan Berhenti Bekerja
(ian)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1265 seconds (10.177#12.26)