Menegangkan, Putin Kerahkan Kereta Divisi Nuklir ke Medan Perang Ukraina

Selasa, 04 Oktober 2022 - 08:51 WIB
loading...
Menegangkan, Putin Kerahkan Kereta Divisi Nuklir ke Medan Perang Ukraina
Presiden Vladimir Putin kerahkan kereta divisi nuklir rahasia Rusia ke garis depan pertempuran di Ukraina. Foto/Rybar/via Telegraph
A A A
MOSKOW - Presiden Vladimir Putin telah mengerahkan kereta api yang dioperasikan divisi nuklir rahasia Rusia ke garis depan pertempuran di Ukraina.

Konvoi yang mengangkut peralatan untuk program senjata nuklir Rusia itu telah memicu kekhawatiran bahwa Vladimir Putin akan mempersiapkan "tes" untuk mengirim sinyal kepada Barat.

Operator kereta api pengakut peralatan senjata nuklir itu terkait dengan Direktorat Utama ke-12 Kementerian Pertahanan Rusia.

Saluran Telegram pro-Rusia, Rybar, membagikan rekaman yang menunjukkan konvoi barang besar ke garis depan pertempuran sejak akhir pekan lalu.

Baca juga: Media China: Eropa Akan Gemetar di Bawah Bayang-bayang Perang Nuklir dengan Rusia

Konrad Muzyka, seorang analis pertahanan yang mengkhususkan diri pada Ukraina, mengatakan Direktorat ke-12 mengoperasikan selusin fasilitas penyimpanan pusat untuk senjata nuklir.

"Ini sebenarnya adalah kit milik Direktorat Utama ke-12 Kementerian Pertahanan Rusia. Direktorat ini bertanggung jawab atas amunisi nuklir, penyimpanan, pemeliharaan, transportasi, dan penerbitannya ke unit," katanya, seperti dikutip Telegraph, Selasa (4/10/2022).

Muzyka mengatakan, "Itu bisa menjadi sinyal kepada Barat bahwa Moskow meningkat", mengacu pada peringatan perang nuklir oleh Vladimir Putin pekan lalu.

Namun, pakar tersebut menekankan bahwa video itu sama sekali tidak menunjukkan persiapan untuk peluncuran senjata nuklir.

Konvoi peralatan itu terjadi ketika sumber mengatakan kepada The Times bahwa NATO telah mengirim laporan intelijen kepada anggota dan sekutunya yang memperingatkan mereka tentang fakta bahwa Rusia diperkirakan akan menguji drone torpedo berkemampuan nuklir; Poseidon, mungkin di Laut Hitam yang dikendalikannya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1615 seconds (10.55#12.26)