Media China: Eropa Akan Gemetar di Bawah Bayang-bayang Perang Nuklir dengan Rusia

Selasa, 04 Oktober 2022 - 07:17 WIB
loading...
A A A
Menurutnya, editorial itu seolah-olah menegaskan bahwa invasi Rusia ke Ukraina adalah sah dengan dalih bahwa Moskow merasa terancam oleh ekspansi NATO.

"Ya, China secara sah ingin perang berakhir, karena tidak memenuhi tujuan strategisnya dan perang jelas tidak berjalan dengan baik bagi Rusia, mitra strategis terpenting Beijing," tulis Shullman dalam email.

“Tetapi alih-alih mendorong perubahan apa pun di pihak Putin, [Presiden China] Xi [Jinping] menggandakan kesalahan AS dan NATO sebagai aktor jahat yang entah bagaimana memaksa Putin untuk semakin mengancam Barat," paparnya.

Meskipun AS sejauh ini menghindari keterlibatan militer langsung dalam perang Ukraina, Kongres Amerika memberikan stempel persetujuannya pada sekitar USD12 miliar bantuan tambahan untuk upaya perang Kiev akhir pekan lalu.

Presiden Joe Biden—yang pernah menjadi pendukung upaya Ukraina untuk bergabung dengan NATO sebelum invasi Rusia—mengeluarkan peringatannya sendiri kepada pasukan Rusia, mengisyaratkan konsekuensi yang mengerikan jika pasukan Rusia menyerang negara-negara yang berbatasan dengan NATO di Eropa Timur.

“Amerika sepenuhnya siap dengan sekutu NATO kami untuk mempertahankan setiap inci wilayah NATO. Setiap inci,” kata Biden dalam sambutannya di Washington, D.C.

NATO, sementara itu, telah secara terbuka menyatakan dukungan untuk upaya Ukraina untuk merebut kembali wilayah yang diklaim oleh Rusia selama konflik—sebuah proses yang tampaknya sudah berlangsung.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1726 seconds (0.1#10.140)