Perayaan 4 Juli Presiden Trump Berubah Jadi Kekacauan

Sabtu, 04 Juli 2020 - 11:07 WIB
loading...
Perayaan 4 Juli Presiden Trump Berubah Jadi Kekacauan
Demonstran terlibat bentrok dengan polisi dan militer di lokasi perayaan 4 Juli di Gunung Rushmore. Foto/Herald Sun
A A A
WASHINGTON - Perayaan 4 Juli atau Hari Kemerdekaan Amerika Serikat (AS) di Gunung Rushmore yang dihadiri Presiden Donald Trump berubah menjadi kekacauan, bahkan sebelum acara itu dimulai.

Para demonstran terlibat bentrok dengan polisi bersenjata lengkap di luar lokasi perayaan. Para demonstran dipukul mundur dengan gas air mata ketika mereka mencoba untuk memblokir acara tersebut.

Donald Trump berencana untuk mengadakan perayaan 4 Juli di Mount Rushmore akhir pekan ini meskipun terjadi peningkatan tajam kasus virus Corona .

Presiden AS itu akan tiba di South Dakota pada hari Jumat (waktu AS) di mana akan ada pertunjukan kembang api di monumen tersebut. Pertunjukkan itu tidak menggubris kritik dari kepala petugas pemadam tentang bahaya yang ditimbulkan oleh pameran tersebut.

Trump kemudian akan melakukan perjalanan kembali ke Washington DC pada hari Sabtu untuk melihat jalan layang militer di National Mall dan pertunjukan kembang api.

Pemerintahan Trump mengatakan itu akan menjadi penampilan terbesar dalam hidup.

Sementara itu rencana di gedung Capitol akan tetap berjalan meskipun ada keberatan dari Walikota Washington Muriel Bowser.

Para kritikus mengatakan situs Gunung Rushmore adalah simbol penindasan Konfederasi, yang telah dibangun di atas tanah yang dicuri dari suku-suku asli Amerika dalam situasi kekerasan.

Perayaan yang direncanakan di Mount Rushmore telah membuat jengkel sejumlah pihak di AS, setelah pendukung politik Trump mengatakan acara itu akan berlangsung tanpa jarak sosial.

Gubernur Republik Dakota Selatan Kirsti Noem mengatakan masker wajah akan tersedia di acara tersebut tetapi mengatakan: "Kami tidak akan melakukan social distancing".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1529 seconds (0.1#10.140)