NATO Sebut Rusia Melemah tapi Masih Berbahaya

Senin, 03 Oktober 2022 - 09:42 WIB
loading...
NATO Sebut Rusia Melemah tapi Masih Berbahaya
NATO menilai Rusia sudah melemah, namun masih berbahaya. Foto/REUTERS
A A A
BRUSSELS - NATO, aliansi militer pimpinan Amerika Serikat (AS), mengatakan invasi Moskow di Ukraina gagal. Namun, mereka memperingatkan setiap anggotanya untuk tidak meremehkan Presiden Vladimir Putin dan angkatan bersenjata Rusia .

Wakil Sekretaris Jenderal NATO Mircea Geoana dalam video di Forum Keamanan Helsinki (HSF), mengatakan kepada bahwa NATO dan sekutu Uni Eropa menghadapi musim dingin yang sulit karena inflasi, krisis biaya hidup, dan tekanan energi.

Menurutnya, invasi Rusia telah mencapai titik balik, di mana pasukan Ukraina bergerak maju di timur dan membuat kemajuan yang lebih lambat tetapi masih signifikan di front selatan.

"Perang Rusia menggarisbawahi betapa pentingnya pencegahan dan pertahanan yang kuat," katanya.



"Rusia melemah, tetapi masih berbahaya. Dan kami tidak dapat menurunkan kewaspadaan kami. Kami tidak dapat berasumsi bahwa Rusia tidak akan menyerang negara lain," ujarnya, seperti dikutip dari Newsweek, Senin (3/10/2022).

"Banyak yang berasumsi bahwa ia [Rusia] tidak akan meluncurkan invasi skala penuh ke Ukraina sejak awal. Mereka salah."

Geoana memuji aksesi dekat Finlandia dan Swedia ke NATO, menyarankan penambahan anggota oleh mereka akan mengubah lingkungan strategis kawasan dan membuat semua sekutu lebih mampu menanggapi agresi Rusia.

Pidato Geoana kepada HSF muncul ketika NATO merilis pernyataan baru tentang dugaan sabotase jaringan pipa gas bawah laut Nord Stream. Empat ledakan menyebabkan empat kebocoran di jalur pipa Nord Stream 1 dan 2 di perairan internasional, dua di zona ekonomi eksklusif Denmark dan dua lainnya di Swedia.

Penyelidik Denmark, Swedia, dan Jerman berharap dapat mengakses lokasi ledakan dalam beberapa hari mendatang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1499 seconds (0.1#10.140)