NATO dengan Pasal 5 Akan Habisi Pasukan Rusia Jika Putin Gunakan Nuklir

Senin, 03 Oktober 2022 - 07:16 WIB
loading...
NATO dengan Pasal 5 Akan Habisi Pasukan Rusia Jika Putin Gunakan Nuklir
NATO berpotensi terapkan Pasal 5 aliansi jika Rusia menggunakan senjata nuklir di Ukraina dan radiasinya meluas ke negara-negara anggota NATO. Foto/Sky News
A A A
WASHINGTON - NATO, dipimpin Amerika Serikat (AS), akan menerapkan Pasal 5 aliansi untuk menghabisi pasukan Rusia jika Presiden Vladimir Putin menggunakan senjata nuklir di Ukraina .

Itu adalah perkiraan mantan direktur CIA dan pensiunan jenderal militer bintang empat David Petraeus pada hari Minggu (2/10/2022).

Selain menghabisi pasukan dan peralatan tempur Rusia di Ukraina, kata Petraeus, NATO juga akan menenggelamkan armada Laut Hitam Rusia.

Petreaus mengatakan bahwa dia belum berbicara dengan Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan tentang kemungkinan respons AS terhadap eskalasi nuklir dari Rusia, yang menurut pejabat pemerintah Gedung Putih telah berulang kali dikomunikasikan ke Moskow.

Baca juga: Lindsey Graham: Rusia Mengebom Nuklir Ukraina Akan Menjadi Serangan terhadap NATO

Dia mengatakan kepada ABC News: “Hanya untuk memberi Anda hipotetis, kami akan merespons dengan memimpin upaya NATO—kolektif—yang akan mengalahkan setiap kekuatan konvensional Rusia yang dapat kami lihat dan identifikasi di medan perang di Ukraina dan juga di Crimea dan setiap kapal di Laut Hitam.”

Peringatan itu muncul beberapa hari setelah Putin menyatakan pandangan yang banyak ditafsirkan sebagai ancaman perang yang lebih besar antara Rusia dan Barat.

Ditanya apakah penggunaan senjata nuklir oleh Rusia di Ukraina akan membawa Amerika dan NATO ke dalam perang, Petreaus mengatakan bahwa itu tidak akan menjadi situasi yang memicu Pasal 5 aliansi, yang menyerukan pertahanan kolektif.

"Itu karena Ukraina bukan bagian dari NATO—namun, respons AS dan NATO akan dilakukan," kata Petreaus.

Namun, kata Petreaus, Pasal 5 berpotensi diterapkan jika radiasi dari serangan nuklir Rusia di Ukraina—jika benar-benar terjadi— meluas ke negara-negara NATO. Itu dapat ditafsirkan sebagai serangan terhadap anggota NATO.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1839 seconds (11.97#12.26)