Putin: Rusia Akan Pertahankan Wilayah yang Dicaplok dari Ukraina

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 09:51 WIB
loading...
Putin: Rusia Akan Pertahankan Wilayah yang Dicaplok dari Ukraina
Putin: Rusia Akan Pertahankan Wilayah yang Dicaplok dari Ukraina. FOTO/TASS
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Jumat (30/9/2022), telah menandatangani dokumen untuk memasukkan empat wilayah Ukraina ke dalam kekuasaan Rusia . Aneksasi wilayah Ukraina ini dilakukan dalam upacara yang disiarkan televisi di Kremlin.

Rusia mendeklarasikan pencaplokan wilayah – Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia dan Kherson – setelah mengadakan apa yang disebutnya referendum di wilayah pendudukan Ukraina.

Baca: AS Jatuhkan Sanksi Berat pada Rusia karena Caplok Wilayah Ukraina

Dalam pidato sebelum upacara penandatanganan perjanjian untuk menjadikan empat wilayah Ukraina bagian dari Rusia, Putin memperingatkan negaranya tidak akan pernah menyerahkan wilayah yang diduduki dan akan melindungi mereka sebagai bagian dari wilayah kedaulatannya.

Putin juga mendesak Ukraina untuk duduk dalam pembicaraan guna mengakhiri pertempuran, tetapi memperingatkan dengan tegas bahwa Rusia tidak akan pernah menyerahkan kendali atas wilayah Donetsk, Luhansk, Kherson dan Zaporizhzhia.

Upacara itu dilakukan tiga hari setelah selesainya “referendum” yang diatur Kremlin untuk bergabung dengan Rusia yang ditolak oleh Kyiv dan Barat sebagai perampasan tanah tanpa wajah, diadakan di bawah todongan senjata dan berdasarkan kebohongan.

Acara di Aula St. George yang putih-emas dan mewah di Kremlin diselenggarakan untuk Putin dan kepala empat wilayah Ukraina untuk menandatangani perjanjian agar wilayah tersebut bergabung dengan Rusia, dalam eskalasi tajam dari konflik tujuh bulan.

Baca: Vladimir Putin Sebut Barat Ingin Menjadikan Rusia Jajahan

Putin juga akan memastikan bahwa penduduk Donbass dan wilayah pembebasan lainnya merasakan dukungan dari seluruh negara.

"Kami pasti akan membangun kembali kota-kota yang hancur, rumah-rumah, sekolah, rumah sakit, teater dan museum. Kami akan memulihkan dan mengembangkan perusahaan industri, pabrik, infrastruktur, sistem sosial dan pensiun, perawatan kesehatan dan pendidikan," kata Putin.

"Tentu saja, kami akan bekerja untuk meningkatkan tingkat keamanan; bersama-sama kami akan memastikan bahwa warga di wilayah baru merasakan dukungan dari seluruh penduduk Rusia, dari semua republik, semua wilayah dan wilayah Tanah Air kami yang sangat besar," lanjutnya.

Kedua majelis parlemen Rusia yang dikendalikan Kremlin akan bertemu minggu depan untuk menstempel perjanjian bagi kawasan untuk bergabung dengan Rusia, mengirimkannya ke Putin untuk persetujuannya.
(esn)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1802 seconds (11.252#12.26)